PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP

Aris Handriyan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran Biologi berbasis inkuiri yang layak untuk meningkatkan pemahaman siswa pada pokok bahasan Sistem Pencernaan. Tujuan tersebut dapat dicapai dengan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus, RPP buku ajar siswa, LKS, lembar penilaian hasil belajar baik dari aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Kelayakan perangkat pembelajaran berdasarkan aspek validitas, keefektifan, dan kepraktisan. Deskripsi juga dilakukan untuk mengetahui keterlaksanaan RPP, aktivitas siswa, pemahaman konsep siswa, dan respon siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadaptasi model pengembangan perangkat Dick dan Carey yang diujicobakan di kelas menggunakan One Group Pretest-Postest Design.Penelitian ini menggunakan sampel 25 siswa kelas XI IPA SMA Widya Darma. Hasil penelitian ini berupa perangkat pembelajaran pokok bahasan Sistem Pencernaan yang memiliki kategori sangat layak meliputi kelayakan silabus sebesar 98% dengan reliabilitas 86%, kelayakan RPP sebesar 88% dengan reliabilitas 79%, kelayakan LKS sebesar 89% dengan reliabilitas 77%  dan kelayakan Buku Ajar Siswa sebesar 78% dengan reliabilitas 76%. Keterlaksanaan RPP mencapai 100% dengan reliabilitas 100%.Aktivitas siswa yang terbanyak yaitu merencanakan pengamatan, berkerja, dan melaksanakan pengamatan sebesar 41,76%, peningkatan pemahaman konsep siswa dari aspek pengetahuan dilihat dari hasil pretest dan posttest sebesar 96% dengan gain score ternormalisasi sebesar 0,73 dengan kategori tinggi, dari aspek keterampilan sebesar 92%, dan dari aspek sikap dengan predikat sangat baik. Perangkat pembelajaran berbasis inkuiri ini mendapatkan respon positif dari siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis inkuiri ini sangat layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan Sistem Pencernaan.


References


Amirullah, A. 2012. Perbandingan Jenis Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran IPA Terhadap Life Skills Dan Pemahaman Konsep Siswa Di SMP. Prosiding Seminar Nasional Sains 2012 Reorentasi pembelajaran sains ISBN 978-979-028-534-7. Surabaya: Unesa University Perss.

Bukhori, F. A. 2012. Pembelajaran Berbasis Inkuiri Untuk Optimalisasi Pemahaman Konsep Fisika Pada Siswa Di SMA Negeri 4 Magelang, Jawa Tengah. Jurnal Berkala Fisika Indonesia. Volume 4(1)

Dewi, K. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Dengan SettingInkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kinerja Ilmiah Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan IPA . Volume 3 (1)

Dick, W and Carey, L. 2009. The systematic design of instruction. New Jersey: Pearson Education Inc.

Gronlund, E.N. 1982. Constructing Achievment Test. Third Edition. Englen Chiff: Princetice. Hall.

Hake, R.R. 1999.Analyzing Change/Gain Scores. USA: Deptartement of Physics Indiana University

Haury, D. L. 1993. Teaching Science through Inquiry. ERIC Clearinghouse for Science Mathematics and Environmental Education Columbus

Kurniawan, A.D. 2013. Metode Inkuiri Terbimbing Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kreativitas Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia JPII 2 (1):8-11.

Muslim. 2011. Implementasi Inovasi Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Untuk Menumbuhkankembangkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa Melalui Kegiatan Lesson Study. Jurnal Pengajaran MIPA, Volume 16 (2):99-108.

Nur, M. 2008. Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Kontruktivis dalam Pengajaran.Surabaya : PSMS UNESA

Permendikbud RI No 65. 2013. Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Riduwan. 2006. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran . Bandung: Kencana Prenada Media

Simsek, P. 2010. The Effects Of Inquiry-Based Learning On Elementary Students’ Conceptual Understanding Of Matter, Scientific Process Skills And Science Attitudes. Procedia Social and Behavioral Sciences 2 (2010) 1190–1194.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelaaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada KTSP. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tuju Fandi, Wurarah M, Kawuwung F.2013. Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Biologi Siswa SMA Negeri 1 Langowan. JSME MIPA UNIMAVol 1, No 4.




DOI: https://doi.org/10.21107/jps.v3i2.1996

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pena Sains Indexed by:

Directory of Open Access Journals     Image result for sinta2 ristekdikti   Related image       Home       Find in a library with WorldCat                Startsida    Related image

 

 

 

 

 Creative Commons License

Jurnal Pena Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Science Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.