UPAYA MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA TENTANG MATERI SUMBER CAHAYA SISWA KELAS V MELALUI PENGGUNAAN METODE PENEMUAN (Discovery) PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 2 MANGGARMAS TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015

Machfud Machfud

Abstract


Metode penemuan (Discovery) merupakan teknik modifikasi tingkah laku belajar yang merupakan salah satu komponen penting dalam keterampilan mengajar. Metode penemuan (Discovery) dapat menjadi penggerak yang efektif dalam berbagai model pembelajaran siswa aktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkn ketuntasanl belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Manggarmas dengan menggunakan metode penemuan (Discovery). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan pilihan tempat penelitian ditetapkan di SD Negeri 2 Manggarmas sebagai sumber munculnya masalah dalam penelitian. Jumlah siswa di kelas ini adalah 15 orang siswa yang terdiri dari 8 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan. Untuk selanjutnya seluruh siswa ini dijadikan sebagai subjek penelitian. Informasi hasil penelitian diperoleh dengan cara mengolah data hasil observasi kelas dan hasil belajar siswa dari dua siklus berdasarkan analisis deskriptif. Data hasil observasi tentang partisipasi/keaktifan siswa dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada siklus I sampai dengan siklus II, masing-masing disajikan dalam bentuk data persentase. Secara riil, hasil interpretasi data persentase motivasi belajar siswa pada siklus I berada pada kategori “Sedang/Cukup”. Hasil ini merupakan peningkatan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan kondisi awal sebelum dilakukan penelitian. Pada siklus II, peningkatan persentase hasil belajar juga cukup signifikan, yakni 2 dari 15 siswa (86,67%), tuntas belajarnya, sedangkan yang belum tuntas belajarnya ada 2 siswa (13,33 %). ini masuk pada kategori “Tinggi”. Berdasarkan hasil analisis ini, maka dapat dikatakan bahwa penggunaan Metode penemuan (Discovery) dapat meningkatkan pemahaman siswa.


References


Abimanyu, Soli., 2008., Strategi Pembelajaran., Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi., Departemen Pendidikan Nasional. Depdiknas. 2006. Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Poerwanti, Endang.,2008., Asemen Pembelajaran SD., Direktoral Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Semiawan. 1992., Pengembangan Bahan Pembelajaran., Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi., Departemen Pendidikan Nasional.

Syamsudin, Abin. 2003., Penggunaan Alat Peraga Konkrit untuk Peningkatkan Kemampuan Siswa Mengidentifikasi Jenis – Jenis Pesawat Sederhana Melalui Metode Demontrasi Tahun Prlajaran 2008 / 2009., Universitas Terbuka Unit Program Belajar Jarak Jauh Grobogan.

Trowbridge & Bybee. 1990., Penelitian Pendidikan., Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi., Departemen Pendidikan Nasional




DOI: https://doi.org/10.21107/jps.v2i1.1815

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pena Sains Indexed by:

Directory of Open Access Journals     Image result for sinta2 ristekdikti   Related image       Home       Find in a library with WorldCat                Startsida    Related image

 

 

 

 

 Creative Commons License

Jurnal Pena Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Science Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.