UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI KESEIMBANGAN EKOSISTEM DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VI SEMESTER I SEKOLAH DASAR NEGERI 2 HARJOWINANGUN TAHUN PELAJARAN 2014

Evi Ekawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketuntasan belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk siswa kelas VI. Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil belajar siswa yang rendah. Dalam penelitian ini guru memilih metode demonstrasi dalam proses pembelajaran. Metode demonstrasi adalah pembelajaran yang dilakukan dengan media peraga yang ditunjukkan oleh guru untuk menunjukkan suatu proses.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan pilihan tempat penelitian ditetapkan di SD Negeri 2 Harjowinangun. Yang menjadi subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI. Jumlah siswa di kelas ini adalah 24 siswa yang terdiri dari 13 orang siswa perempuan  dan 11 orang siswa laki-laki. Hasil penelitian diperoleh dari pengamatan dan tes formatif. Data hasil pengamatan tentang keaktifan siswa dan hasil belajar siswa pada siklus I sampai dengan siklus II, masing-masing disajikan dalam bentuk data tabel. Dari hasil analisis data, motivasi belajar dan keaktifan siswa pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, tetapi masih perlu diperbaiki pada siklus berikutnya. Pada siklus II, sebagian besar siswa mencapai ketuntasan belajar, yakni 20 dari 24 siswa (83,33%) tuntas belajarnya, sedangkan yang belum tuntas belajarnya ada 4 siswa (16,67 %). Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat dikatakan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


References


Abdullah, Ali. 2003. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

BSNP. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi.

Dimyati dan Moedjioo. 1992/1993. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud.

Kardisaputra, Otong. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: FKIP Unla.

Muslichah, Asyari. 2006. Penerapan Sains Teknologi Masyarakat dalam Pembelajaran Sains di SD. Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan.

Sapriati, Amalia & dkk. 2011 . Pembelajaran IPA di SD . Jakarta: Universitas Terbuka.

Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Taufiq, Agus; Mikarsa, H.L; Prianto, L.P. 2011. Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Usman, Samatowo. 2006. Bagaimana Membelajarkan IPA di SD. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan.




DOI: https://doi.org/10.21107/jps.v2i1.1814

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pena Sains Indexed by:

Directory of Open Access Journals     Image result for sinta2 ristekdikti   Related image       Home       Find in a library with WorldCat                Startsida    Related image

 

 

 

 

 Creative Commons License

Jurnal Pena Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Science Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.