PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ANIMASI KOMPUTER MENGGUNAKAN PROGRAM MACROMEDIA FLASH 8

Ana Yuniasti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran IPA yang interaktif berbasis animasi komputer menggunakan program macromedia flash 8 serta mengetahui kelayakan media pembelajaran yang telah dibuat. Metode pengembangan media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahap yaitu Analysis (analisis), Design (perencanaan), Development (produksi), Implementation (implementasi), Evaluation (evaluasi). Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran IPA berbasis animasi komputer pada materi Bunyi untuk SD kelas IV ini telah memenuhi syarat kelayakan melalui pengujian ahli materi dengan persentase 96,36% termasuk dalam kategori sangat baik, pengujian ahli media dengan persentase 81,53% termasuk dalam kategori sangat baik, pengujian guru IPA SD dengan persentase 86,13% termasuk dalam kategori sangat baik, pengujian peer reviewer dosen dengan persentase 83,1% termasuk dalam kategori sangat baik, dan pengujian  siswa SD kelas IV dengan persentase 95,97% termasuk dalam kategori sangat baik. Maka dari hasil pengujian tersebut, media pembelajaran yang dikembangkan layak dijadikan sebagai media pembelajaran IPA berbasis animasi komputer pada materi Bunyi untuk SD kelas IV.

References


Azhar Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Mujtahidin. 2014. Teori Belajar dan Pembelajran. Surabaya: Pena Salsabila.

Nurhayati. 2006. Rancang bangun Materi Fisika Pokok Bahasan Tata Surya Dengan Menggunakan Macromedia Flash MX. Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Tolga GOK. 2011. “The Effects of the Computer Simulations on Students’ Learning in Physics Education”. Turki: International Journal on New Trends in Education and Their Implications. Diakses dari www.ijonte.org/FileUpload/.../File/9._gok.pdf tanggal 12 Maret 2014 pukul 10.00.




DOI: https://doi.org/10.21107/jps.v2i1.1812

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pena Sains Indexed by:

Directory of Open Access Journals                       Home         Find in a library with WorldCat                   Related image

 

 

 

 

 Creative Commons License

Jurnal Pena Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Science Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.