PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN STRATEGI PEMBERDAYAAN BERPIKIR MELALUI PERTANYAAN (PBMP) PADA POKOK BAHASAN KALOR

Mohammad Ishaq, Muslimin Ibrahim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran fisika dengan strategi PBMP yang valid, praktis, dan efektif guna memberdayakan berpikir siswa SMP. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model 4-D dan diujicobakan di kelas VII SMP Negeri 2 Yosowilangun semester ganjil tahun ajaran 2014/2015 dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan angket. Temuan hasil penelitian, yaitu: 1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkategori valid; 2) Kepraktisan perangkat pembelajaran ditinjau dari keterlaksanaan RPP berkategori baik dan sesuai dengan tahap-tahap pada strategi PBMP; dan 3) Keefektifan perangkat pembelajaran ditinjau dari: (a) Peningkatan keterampilan berpikir siswa terlihat dari ketuntasan individual, dan klasikal; dan (c) Respon siswa terhadap perangkat dan pelaksanaan pembelajaran sangat  positif. Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini, disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran IPA Fisika dengan Strategi PBMP, valid, praktis dan efektif guna memberdayakan kemampuan berpikir siswa SMP.

References


Atmah. (2004). Pengembangan perangkat pembelajaran sains untuk smp dan mts menerapkan pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan pada sistem ekskresi pada manusia. Surabaya: Tesis.

Corebima, A. D. (2006). Pengaruh pembelajaran berpola PBMP (TEQ) terhadap kemampuan berpikir dan pemahaman konsep pada pembelajaran ipa biologi di beberapa SMPN kota dan kabupaten Malang. Malang: tidak dipublikasikan.

Corebima, D. A. (2005). Pengembangan lembar PBMP (TEQ) Dalam pembelajaran ipa biologi. Malang: makalah tidak diterbitkan, disampaikan pada pelatihan PBMP pada Pembelajaran Bagi Guru Sains Biologi dalam rangka RUKK VA.

Haerullah, A. (2012). pengembangan perangkat pembelajaran ipa pbmp dan think pair share pada sekolah multietnis dan pengaruh penerapannya terhadap kesadaran metakognisi, keterampilan metakognisi, kemampuan berpikir kritis dan sikap sosial siswa SD kota Ternate. malang: http://karya-ilmiah.um.ac.id.

Jamaluddin. (2009). Pengaruh pembelajaran pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan dipadukan strategi kognitif dan kemampuan akademik terhadap kemampuan metakognitif, berpikir kreatif, pemahaman IPA biologi, dan retensi siswa SD di Mataram. Malang: http://karya-ilmiah.um.ac.id.

Mustaji. (2013). Pengembangan kemampuan berpikir kritis dan kreatif dalam pembelajaran. Surabaya: http://pasca.tp.ac.id.

Nur, M. (1999). Pengajaran berpusat pada siswa dan pendekatan konstruktivis pada pembelajaran. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.

Slavin, R. E. (2011). Psikologi pendidikan teori dan praktek. Jakarta: Indeks.

Suriasumatri, J.S (1995). Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta. Pustaka Sinar Harapan




DOI: https://doi.org/10.21107/jps.v2i1.1810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pena Sains Indexed by:

Directory of Open Access Journals     Image result for sinta2 ristekdikti   Related image       Home       Find in a library with WorldCat                Startsida    Related image

 

 

 

 

 Creative Commons License

Jurnal Pena Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Science Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.