PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN STRATEGI PEMBERDAYAAN BERPIKIR MELALUI PERTANYAAN (PBMP) PADA POKOK BAHASAN KALOR
Abstract
Full Text:
DOWNLOAD (Bahasa Indonesia)References
Atmah. (2004). Pengembangan perangkat pembelajaran sains untuk smp dan mts menerapkan pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan pada sistem ekskresi pada manusia. Surabaya: Tesis.
Corebima, A. D. (2006). Pengaruh pembelajaran berpola PBMP (TEQ) terhadap kemampuan berpikir dan pemahaman konsep pada pembelajaran ipa biologi di beberapa SMPN kota dan kabupaten Malang. Malang: tidak dipublikasikan.
Corebima, D. A. (2005). Pengembangan lembar PBMP (TEQ) Dalam pembelajaran ipa biologi. Malang: makalah tidak diterbitkan, disampaikan pada pelatihan PBMP pada Pembelajaran Bagi Guru Sains Biologi dalam rangka RUKK VA.
Haerullah, A. (2012). pengembangan perangkat pembelajaran ipa pbmp dan think pair share pada sekolah multietnis dan pengaruh penerapannya terhadap kesadaran metakognisi, keterampilan metakognisi, kemampuan berpikir kritis dan sikap sosial siswa SD kota Ternate. malang: http://karya-ilmiah.um.ac.id.
Jamaluddin. (2009). Pengaruh pembelajaran pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan dipadukan strategi kognitif dan kemampuan akademik terhadap kemampuan metakognitif, berpikir kreatif, pemahaman IPA biologi, dan retensi siswa SD di Mataram. Malang: http://karya-ilmiah.um.ac.id.
Mustaji. (2013). Pengembangan kemampuan berpikir kritis dan kreatif dalam pembelajaran. Surabaya: http://pasca.tp.ac.id.
Nur, M. (1999). Pengajaran berpusat pada siswa dan pendekatan konstruktivis pada pembelajaran. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.
Slavin, R. E. (2011). Psikologi pendidikan teori dan praktek. Jakarta: Indeks.
Suriasumatri, J.S (1995). Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta. Pustaka Sinar Harapan
DOI: https://doi.org/10.21107/jps.v2i1.1810
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pena Sains Indexed by:
Jurnal Pena Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Science Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.