PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERORIENTASI PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY LEARNING) UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

Irsad Rosidi

Abstract


Lembar Kegiatan Siswa Berorientasi Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery Learning) layak digunakan dalam pembelajaran dan dapat melatihkan keterampilan proses sains kepada siswa dalam penggunaan alat termometer. Hasil validasi pakar menunjukkan rerata 4,07 yang dapat dikatakan sebagai kategori layak. Sedangkan hasil pengamatan keterampilan proses sains menunjukkan rerata 3,63 yang menunjukkan siswa telah mampu menggunakan termometer dan respon siswa menunjukkan respon positif terhadap pembelajaran.

References


Arikunto, S. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Bell, D. and Kahrhoff, J. 2006. Active Learing Handbook. Webster University. (http://www.cgspitt.org/medialibrary) diakses 23 November 2015.

Belland, B., Glazewski, K., & Richardson, J. 2008. A Scaffolding Framework to Support The Construction of Evidence-Based Arguments Among Middle School Students. Educational Technology Research & Development, 56(4), 401(422) diakses 4 Desember 2015.

BSNP. 2010. Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. (http://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2013/06/paradigma-pendidikan-nasional-abad-xxi.pdf) diakses 18 Januari 2015.

Cepni, S., Tas, E., and Kose, S. 2006. The Effect of Computer-Assisted Material on Students’ Cognitive Levels, Misconceptions and Attitudes Towards Science. Computers and Education 46 (2006) 192–205. (http://www.elsevier.com/locate/compedu) diakses 29 Januari 2016.

Choo, S. S., Rotgans, J. I., Yew, E. H. dan Schmidt, H. G. 2011. Effect of Worksheet Scaffolds on Student Learning in Problem-Based Learning. Advances in Health Science Education (2011) 16:517–528 diakses 4 Desember 2015.

Dixon, T. and O’Hara, M. 2013. Communication Skills. Educational Development Project. (http://cw.routledge.com) diakses pada 3 Desember 2015.

Dolmans, D. H. J. M., & Schmidt, H. G. 2006. What do we know about cognitive and motivational effects of small group tutorials in problem-based learning?.Advances in Health Sciences Education, 11(4),321–336. Diakses 5 Desember 2015.

Fello, S. E. and Paquette, K. R. 2009. Talking and Writing in the Classroom. InMathematics theaching in the Middle School Vol. 14, No. 7. Diakses pada 22 September 2015.

Griffith University. 2004. Oral Communication Toolkit. (http://www.griffith.edu.au) diakses 17 Januari 2015.

Hardjito, D. 2010. The Use of Scaffolding Approach to Enhance Students’ Engagement in Learning Structural Analysis. International Education StudiesVol. 3, No. 1, p.130-133. (http://www.ccsenet.org) diakses 5 Desember 2015.

Huinker, D. and Laughlin, C. 1996. Talk Your Way Into Writing dalam Communication in Mathematics, K-12 and Beyond Yearbook of the NCTM Diedit oleh Potria C. Elliot, p. 81-88. Reston, VA: NCTM.

Ihmeideh, F. M., Al-Omari, A. A., and Al-Dababneh, K. A. 2010. Attitudes toward Communication Skills among Students’-Teachers’ in Jordanian Public Universities. Australian Journal of Teacher Education, 35(4). (htttp://ro.ecu.edu.au) diakses 5 Desember 2015.

Karjalainen, A., Alha, K. and Jutila, S. 2006. Give Me Time to Think. Oulu: Oulu University Press. (http://www.oulu.fi) diakses 5 Desember 2015.

Mberia, H. K. 2011. Communication Training Module. International Journal of Humanities and Social Science Vol. 1 No. 20, p. 231-255. (http://www.ijhssnet.com/journals/Vol_1_No_20_December_2011/23.pdf) diakses pada 8 Februari 2016.

National Education Association. 2013. An Educator’s Guide to the “Four Cs”. (http://www.nea.org/assets/docs/A-Guide-to-Four-Cs.pdf) diakses pada 17 Januari 2016.

Ormord, J. E. 2009. Psikologi Pendidikan.Edisi Keenam Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Ormord, J. E. 2009. Psikologi Pendidikan.Edisi Keenam Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Schulz, B. 2008. The Importance of Soft Skills: Education Beyond Academic Knowledge. Journal of Language and Communication. (http://ir.polytechnic.edu.na.pdf) diakses 3 Desember 2015.

Slavin, R. E. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik.Edisi Sembilan Jilid 1. Jakarta: PT Indeks.

Slavin, R. E. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik.Edisi Sembilan Jilid 2. Jakarta: PT Indeks.

Winayawati, L., Waluya, S. B., dan Junaedi, I. 2012. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi pembelajaran Think-Talk-Write Terhadap Kemampuan Menulis rangkuman dan Pemahaman Matematis Materi Integral. Unnes Journal of Research Mathematics Education Vol. 1, No. 1. ISSN 2252-6455. (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujrme) daikses pada 18 Oktober 2012.

Yuanari, N. 2001. Penerapan Strategi TTW (Think-Talk-Write) Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 5 Wates Kulonprogo (Implementasi pada Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok). Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta. (http://eprints.uny.ac.id) diakses pada 2 Januari 2016.




DOI: https://doi.org/10.21107/jps.v3i1.1554

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pena Sains Indexed by:

Directory of Open Access Journals     Image result for sinta2 ristekdikti   Related image       Home       Find in a library with WorldCat                Startsida    Related image

 

 

 

 

 Creative Commons License

Jurnal Pena Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Science Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.