PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EKSPERIMEN GAYA CORIOLIS MENGGUNAKAN VIDEO

Nena Yuliana

Abstract


Fisika dipandang sebagai suatu proses dan sekaligus produk sehingga dalam pembelajarannya harus mempertimbangkan strategi atau metode pembelajaran yang efektif dan efesien yaitu salah satunya melalui kegiatan praktik. Salah satu pokok bahasan dalam fisika adalah gaya Coriolis. Gaya coriolis adalah gaya semu akibat pengaruh rotasi bumi. Pada umumnya dalam memahami konsep materi gaya Coriolis peserta didik mengalami kesulitan. Salah satu alasannya karena demonstrasi percobaan dikelas tidak jelas, alasan lain karena gambaran statis pada buku-buku fisika yang menyesatkan atau buku teks kadang- kadang membujuk pembaca seolah gaya fiktif tersebut tidak bebar-benar gaya yang ada atau gaya yang bekerja. Selain itu peserta didik yang melihat demonstrasi percobaan tersebut berada dalam sistem koordinat diam (sistem laboratorium), sedangkan gerak gaya Coriolis hanya dapat dilihat pada sistem koordinat yang dipercepat. Oleh karena itu diperlukan suatu metode eksperimen yang mudah dan menarik untuk dipahami siswa. Salah satu cara adalah dengan menggunakan suatu media pembelajaran berupa alat yang dikoneksi dengan video untuk membuktikan adanya fenomena gaya Coriolis.

References


Astono, J. 2005. Mekanika. Malang: UM Press

Freedman, A.R & Young H.D. 2003 Fisika Universitas Jilid II (Edisi Kesepuluh) (Penerjemah : Pantur Siahaan). Jakarta: Penerbit Erlangga

Giancoli, D. 2001. Fisika Jilid 1 (terjemahan) Jakarta : Pernerbir Erlangga

Halliday&Resnick. 1991. Fisika Jilid 1 (terjemahan). Jakarta : Penerbir Erlangga

John, R. 2003. Coriolis Force on Your Arms, The Physics Teacher 41(9)

Perrson, A. 1998. How Do We Understand The Coriolis Force?. Bulletin of The American Meteorological Soceity, 79, 1373-1385

Purnomo A. 2006. Pengembangan Bahan Pembelajaran Mandiri Komputasi Fisika dengan Menggunakan Moodle secara Online di Jurusan Fisika Universitas Negeri Semarang. Semarang : UNNES Press

Syarif, A., M. 2003. Panduan Belajar Animasi. Yogyakarta: Penerbit Andi

Secco, R.A. 1999. Coriolis Effect Demonstration on an Overhead Projector. The Physics Teacher 37 (244-245)

Tipler, P., A. 1991. Fisika Untuk Sains dan Teknik. Jakarta: Penerbit Erlangga




DOI: https://doi.org/10.21107/jps.v3i1.1373

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pena Sains Indexed by:

Directory of Open Access Journals     Image result for sinta2 ristekdikti   Related image       Home       Find in a library with WorldCat                Startsida    Related image

 

 

 

 

 Creative Commons License

Jurnal Pena Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Science Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.