KEEFEKTIFAN PENGETAHUAN INKUIRI GURU SEKOLAH DASAR KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PEMBELAJARAN SAINS

chandra ertikanto, Viyanti ., ismu wahyudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efektivitas pengetahuan inkuiri guru dalam pembelajaran sains, dan untuk meningkatkan pengetahuan konsep ilmu pengetahuan alam melalui pemodelan.  Peneliti sebagai model dan guru Sains sebagai siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah Quota Sampling yaitu pengambilan unsur sampel secara sembarang sampai terpenuhi jumlah yang diinginkan. Penelitian ini dilakukan pada empat puluh orang guru SD di Kota Bandar Lampung yang dilaksanakan dari Juli sampai Agustus 2014. Guru yang dilibatkan berasal dari SD yang berlokasi di kota, semi-kota dan pinggiran-kota Bandar Lampung. Variabel yang diamati yaitu; konsepsi awal, hasil belajar, dan kemampuan inkuiri. Data kuantitatif diperoleh melalui tes, dan data kualitatif diperoleh melalui kuesioner, dan dianalisis dengan statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kemampuan konsep sains guru yang menerapkan pembelajaran inkuiri secara signifikan lebih baik dibandingkan dengan kemampuan konsep sains guru yang menerapkan pembelajaran konvensional.

References


Arikunto, S. (2008). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Budiastara, K. (2008). Core Business Pembelajaran IPA: Meningkatkan Kreativitas Guru Mengajar IPA dengan Inkuiri di SD dalam Kontek Pendidikan Jarak Jauh. (Jurnal). Disampaikan pada Seminar International II Pendidikan Sain. “Current Issues on Research and Teaching in Science Education”. Disertasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak Diterbitkan.

BNSP. (2006). Panduan Penyusunan KTSP Jenjang Pendidikan Dasar. Jakarta: BSNP

Capobianco, Brenda. & Lehman, James. (2006). “Integrating Technology to Foster Inquiry in an Elementary Science Methods Course: An Action Research Study of One Teacher Educator's Initiatives in a PT3 Project (Preparing Tomorrow's Teachers use Technology)”. Journal of Computers in Mathematics and Science Teaching. 25 (2).

Chandra. (2013). Profil Kemampuan Inkuiri Guru SD Bandar Lampung dalam Pembelajaran IPA” Seminar Nasional Pendidikan, FKIP Universitas Lampung: Lampung

Cuevas, P., Lee, O., Hart, J., and Deaktor, R. (2005). “Improving Science

Inquiry with Elementary Students of Diverse Backgrounds”. Journal of Research in Science Teaching, 42 (3).

Iyamu and Ottote. (2005). Focus on Inquiry. A Teacher Guide to Implementing Inquiry-Based Learning. Canada: Alberta.

Joyce, B., Weill, M., & Colhoun, E. (2001). Models of Teaching. 6th edition. Boston: Allyn an Bacon.

Luera and Moyer, Everett. (2004). Effectiveness of Professional Development Program on a Teacher’s Learning to Teach Science as Inquiry. University of IOWA Departement of Science Education. Asia Pacipik Forum k Forum on Science Learning and Teaching, vol 8. issue2. article2. (Online). Tersedia dalam: http://Ied.Edu.Hk/ Aptslt/v8.issue/bezir/indik.

Marx, Ronal W. (2004). “Inquiry-Based Science in the Middle Grades: Assessment of Learning in Urban Systemic Reform”. Journal of Research in Science Teaching. 41, (10), 1063-1080.

Matson, J.O. (2006). Misconceptions About The Nature of Science, Inquiry Based Instruction, and Constructivism : Creating Confusion in the Science Classroom. Electronic Journal of Literacy Through Science. Vol. 5 (6).

Meltzer. 2002. The Relationship betwen mathemathics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible hidden variable in diagnosic pretes score. American Journal Physics. 70 (2), 1259 – 1268.

NRC. (2000). Inquiry and The National Science Education Standards. A Guide for Teaching and Learning. Washington, DC: National Academy Press.

Pine, J., Ascbacher, P., Roth, E., Jones, M,. & McPhee. C., (2006). “Fifth Graders’ Science Inquiry Abilities: A Comparative Study of Students in Hands-On and Textbook Curricula”. Journal of Research in Science Teaching, 43 (5).

Pusat Kurikulum. (2013). Standar Kompetensi Kurikulum 2014 Mata Pelajaran Sains Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Ridwan. (2005). Peningkatan Keterampilan Berfikir Kritis melalui

Pembelajaran Berbasis Inkuiri. Tesis SPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Ruiz-Primo, Maria Araceli and Furtak, Erin Marie. (2007). "Exploring Teachers' Informal Formative Assessment Practices and Students' Understanding in the Context of Scientific Inquiry”. Journal of Research in Science Teaching. 44. (1), 57-84.




DOI: https://doi.org/10.21107/jps.v1i2.1333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pena Sains Indexed by:

Directory of Open Access Journals                       Home         Find in a library with WorldCat                   Related image

 

 

 

 

 Creative Commons License

Jurnal Pena Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Science Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.