PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATA KULIAH INSTRUMENTASI LABORATORIUM UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DALAM PEMBUATAN ALAT PERAGA IPA YANG INOVATIF

fatimatul munawaroh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam pembuatan alat peraga IPA yang inovatif untuk pembelajaran IPA di Sekolah Dasar menggunakan bahan bekas pakai melalui pembelajaran berbasis proyek. Objek penelitian ini adalah mahasiswa semester VI  program studi PGSD FKIP Universitas Trunojoyo Madura pada semester genap tahun akademik 2013/2014 yang terdiri dari kelas A dan B dengan jumlah masing-masing 45 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk alat peraga yang dihasilkan beragam dan bernilai inovatif, walaupun menggunakan bahan bekas pakai yang sebelumnya kurang bernilai. Dari data nilai laporan 100% semua kelompok mendapai nilai di atas 80, sedangkan untuk nilai produk alat peraga 63,6% mendapat nilai di atas 80, 27,3% mendapat nilai 80 dan 9,1% mendapat nilai di bawah 80. Hal ini berarti pembelajaran berbasis proyek ini mampu meningkatkan kreativitas dan kerjasama mahasiswa dalam kelompok untuk membuat alat peraga dengan hasil pemikiran sendiri maupun modifikasi dari alat peraga yang sudah ada.

References


Karyono, S. (2013). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek di SMK. (http://p4tksb-jogja.com/images/WI/Pembelajaran%20Berbasis%20Proyek.pdf, diunduh pada 24/10/2014)

Lim, Tiek L. (2007). Asyiknya meneliti Sains. Bandung: Pudak Scientific.

Sapriati, A. (2009). Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

White, H. (2001). Problem Based Learning. Stanford University Newsletter on Teaching.

Widiyantini, T. (2014). Penerapan Model Project Based Learning (Model Pembelajaran Berbasis Proyek) dalam Materi Pola Bilangan Kelas VII. PPPPTK Matematika.

Widiyatmoko, A., dkk. (2012). Pembelajaran Berbasis Proyek untuk mengembangkan Alat peraga IPA dengan memanfaatkan bahan bekas pakai, JPII 1(1), 51-56.




DOI: https://doi.org/10.21107/jps.v1i1.1330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pena Sains Indexed by:

Directory of Open Access Journals     Image result for sinta2 ristekdikti   Related image       Home       Find in a library with WorldCat                Startsida    Related image

 

 

 

 

 Creative Commons License

Jurnal Pena Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Science Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.