PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA BERORIENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MELATIHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA
Abstract
Penelitian dari pembelajaran Biologi dengan menggunakan perangkat yang berorientasi strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) telah dilaksanakan dan diujicobakan pada 32 siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Pakusari dengan menggunakan one group pretest-posttest design. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran Biologi untuk meningkatkan hasil belajar dan melatihkan keterampilan komunikasi siswa. Kelebihan dari strategi TTW adalah memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh siswa untuk menyampaikan pendapatnya. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan hasilnya adalah sebagai berikut: perangkat pembelajaran yang dikembangkan dikategorikan layak secara teoritis dan didukung dengan pembelajaran yang terlaksana dengan baik, hasil belajar siswa meningkat, keterampilan komunikasi siswa secara lisan menunjukkan adanya perkembangan, ketekunan siswa menunjukkan perkembangan dan sebagian besar siswa memberikan respon yang baik terhadap strategi pembelajaran TTW. Simpulan penelitian ini adalah pembelajaran biologi dengan perangkat yang dikembangkan dengan menggunakan strategi pembelajaran TTW dapat meningkatkan hasil belajar dan melatihkan keterampilan komunikasi siswa secara lisan.
Full Text:
DOWNLOAD (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, S. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Bell, D. and Kahrhoff, J. 2006. Active Learing Handbook. Webster University. Draf, diunduh dari http://www.cgspitt.org/medialibrar diakses 23 November 2012.
Belland, B., Glazewski, K., & Richardson, J. 2008. A Scaffolding Framework to Support The Construction of Evidence-Based Arguments Among Middle School Students. Educational Technology Research & Development, Vol.4.
BSNP. 2010. Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Draf, diunduh dari http ://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2013/06/paradigma-pendidikan-nasional-abad- xxi.pdf) diakses 18 Januari 2014.
Cepni, S., Tas, E., and Kose, S. 2006. The Effect of Computer-Assisted Material on Students’ Cognitive Levels, Misconceptions and Attitudes Towards Science. Computers and Education 46 (2006) 192–205. Draf, diunduh dari http ://www.elsevier.com/locate/compedu) diakses 29 Januari 2013.
Choo, S. S., Rotgans, J. I., Yew, E. H. dan Schmidt, H. G. 2011. Effect of Worksheet Scaffolds on Student Learning in Problem-Based Learning. Advances in Health Science Education (2011) vol.16.
Dixon, T. and O’Hara, M. 2013. Communication Skills. Educational Development Project. Draf, diunduh dari http ://cw.routledge.com diakses pada 3 Desember 2013.
Dolmans, D. H. J. M., & Schmidt, H. G. 2006. What do we know about cognitive and motivational effects of small group tutorials in problem- based learning?. Advances in Health Sciences Education, Vol. 11.
Fatmawati, D. A. 2010. Penerapan Strategi Pembelajaran Think Talk Write Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Biologi Siswa Kelas X-1 SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010. Draf, diunduh dari http ://jurnal.unnes.ac.id diakses 2 Oktober 2012.
Fello, S. E. and Paquette, K. R. 2009. Talking and Writing in the Classroom. In Mathematics theaching in the Middle School Vol. 14, No. 7. Diakses pada 22 September 2012.
Griffith University. 2004. Oral Communication Toolkit. Draf, dari http ://www.griffith.edu.au, diakses 17 Januari 2014.
Hardjito, D. 2010. The Use of Scaffolding Approach to Enhance Students’ Engagement in Learning Structural Analysis. International Education Studies Vol. 3, No. 1, p.130-133. Draf, diunduh dari http ://www.ccsenet.org diakses 5 Desember 2013.
Huinker, D. and Laughlin, C. 1996. Talk Your Way Into Writing dalam Communication in Mathematics, K-12 and Beyond Yearbook of the NCTM Diedit oleh Potria C. Elliot, p. 81-88. Reston, VA: NCTM.
Ihmeideh, F. M., Al-Omari, A. A., and Al-Dababneh, K. A. 2010. Attitudes toward Communication Skills among Students’-Teachers’ in Jordanian Public Universities. Australian Journal of Teacher Education, 35(4). Draf, diunduh dari http ://ro.ecu.edu.au diakses 5 Desember 2013.
Karjalainen, A., Alha, K. and Jutila, S. 2006. Give Me Time to Think. Oulu: Oulu University Press. Draf, diunduh dari http ://www.oulu.fi diakses 5 Desember 2013.
Mberia, H. K. 2011. Communication Training Module. International Journal of Humanities and Social Science Vol. 1 No. 20, p. 231-255. Draf, diunduh dari http ://www.ijhssnet.com/journals/Vol_1_No_20_December_2011/23.pdf) diakses pada 8 Februari 2014.
Mohamed, L. and Waheed, H. 2011. Secondary Students’ Attitude Towards Mathematics in a Selected School of Maldives. International Journal of Humanities and Social Science Vol. 1 No. 15. Draf, diunduh dari http ://www.ijhssnet.com/journals diakses 5 Desember 2013.
Mohd, N., Mahmood, T. F. P. T., and Ismail, M. N.
Factors that Influence Students in Mathematics Achievement. International Journal of Academic Research, 3(3),49-54. Draf, diunduh dari http ://www.ijhssnet.com/journals diakses 5 Desember 2013.
National Education Association. 2013. An Educator’s Guide to the “Four Cs”. Draf, diunduh dari http ://www.nea.org/assets/docs/A-Guide-to- Four-Cs.pdf) diakses pada 17 Januari 2014.
Ormord, J. E. 2009. Psikologi Pendidikan. Edisi Keenam Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
. 2009. Psikologi Pendidikan. Edisi Keenam Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Schulz, B. 2008. The Importance of Soft Skills: Education Beyond Academic Knowledge. Journal of Language and Communication. Draf, diunduh dari http ://ir.polytechnic.edu.na.pdf, diakses 3 Desember 2013.
Slavin, R. E. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Edisi Sembilan Jilid 1. Jakarta: PT Indeks.
Slavin, R. E. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Edisi Sembilan Jilid 2. Jakarta: PT Indeks.
Winayawati, L., Waluya, S. B., dan Junaedi, I. 2012. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi pembelajaran Think-Talk-Write Terhadap Kemampuan Menulis rangkuman dan Pemahaman Matematis Materi Integral. Unnes Journal of Research Mathematics Education Vol. 1.
Yamin, H. M. 2008. Paradigma Pendidikan Konstrutuvistik (Implementasi KTSP & UU. No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen). Jakarta: Gaung Persada Press.
DOI: https://doi.org/10.21107/jps.v1i1.1326
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pena Sains Indexed by:
Jurnal Pena Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Science Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.