PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

candra utama, Sri Kentjananingsih, Yuni Sri Rahayu

Abstract


Penelitian dari penerapan media pembelajaran biologi menggunakan model Direct Instruction telah dilaksanakan dan diujicobakan pada 30 siswa kelas XI SMA Negeri 18 Surabaya dengan menggunakan one group pretest- posttest design. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan hasil sebagai berikut: pembelajaran terlaksana dengan sangat baik; aktivitas siswa tergolong baik; hasil belajar siswa meningkat dan siswa memberikan tanggapan positif terhadap media pembelajaran dan penerapannya. Simpulan penelitian ini adalah penerapan media pembelajaran Biologi SMA menggunakan model Direct Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References


Ansor, M. 2004. Penggunaan Multimedia Interaktif Bahan Kajian Genetika. Tesis Magister Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya.

Arikunto, S. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2003 Pedoman Khusus Pengembangan Silabus Mata Pelajaran Kimia. Jakarta: Depdiknas.

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Bakrowi. 2007. Microsoft Officer Power Point sebagai Media Pembelajaran Materi Unsur, Senyawa, dan Campuran Berbasis STAD. Jurnal Pendidikan Inovatif. Volume 3. Nomor 1. September/2007.

Citrasukmawati, Alfina. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Langsung Biologi Berbasis Macromedia Flash. Tesis Program Pascasarjana UNESA Surabaya: tidak diterbitkan.

Depdiknas. 2003a. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus Mata Pelajaran Kimia. Jakarta: Depdiknas.

________ . 2003b. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Biologi Sekolah Menegah Atas dan Madrasah Aliyah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Martens, Hans. 2010. Evaluating Media Literacy Education: Concepts, Theories and Future Directions. Journal of Media Literacy Education 2:1 (2010) 1 – 22

Mbarika, V., Bagarukayo, E. 2010. “A Multi- Experimental Study on the Use of Multimedia Instructional Materials to Teach Technical Subjects”. Journal of STEM Education. Vol 1#2 Special Edition 2010

Niken, A. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif, dan Prospektif. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Nurseto, Tejo. 2011. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. Volume 8 Nomor 1

Ormord, J. E. 2009. Psikologi Pendidikan Edisi Keenam Jilid 1. Jakarta: Erlangga

O’ Day, Danton H. 2008. Using Animations To Teach Biology. The American Biology Teacher. Volume 70, No.5

Paivio, Allan. 2006. “Dual Coding Theory And Education”. Draft. Draft chapter for the conference on “Pathways to Literacy Achievement for High Poverty Children,” The University of Michigan School of Education, September 29-October 1, 2006.

Sagala, S. 2008. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Slavin, Robert E. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik Edisi Sembilan. Jakarta: PT Indeks

Sriyono, dkk. 1992. Teknik Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Stith, Bradley, J. 2004. Use of Animation in Teaching Cell Biology. Journal of Cell Biology Education. Vol.3, halaman 181-188

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto. 2012. Penggunaan Video Animasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Kompetensi Sistem Starter. Automotive Science and Education Journal. Vol.1, No.1 (1)/2012




DOI: https://doi.org/10.21107/jps.v1i1.1325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pena Sains Indexed by:

Directory of Open Access Journals                       Home         Find in a library with WorldCat                   Related image

 

 

 

 

 Creative Commons License

Jurnal Pena Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Science Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.