IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STUDIO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Candra Utama, Aynin Mashfufah

Abstract


Penelitian tentang implementasi media pembelajaran articulate studio telah dilaksanakan dan diujicobakan pada 40 siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pakusari dengan desain penelitian menggunakan one group pretest-posttest design. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan hasil sebagai berikut: pembelajaran terlaksana dengan sangat baik; aktivitas siswa tergolong baik; hasil belajar siswa meningkat dan siswa memberikan respon positif terhadap media pembelajaran articulate studio dan implementasinya. Kesimpulan penelitian ini adalah implementasi media pembelajaran articulate studio dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References


Akpan, J.P. (2002). Which Comes First: Computer Simulation of Dissection or a Traditional Laboratory Practical Method of Dissection. Electronic Journal of Science Education. Vol. 6, No. 4, June 2002.

Aldrige, Bill. (1995). Science Interaction. Course 2. New York: Glencoe/McGraw-Hill

Ansor, M. 2004. “Penggunaan Multimedia Interaktif Bahan Kajian Genetika”. Tesis Magister Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya.

Arikunto, S. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Carin, A.A. (1997). Teaching Science Through Discovery 8th ed. New Jersey: Prentice-Hall, inc.

Depdiknas, 2003, Pedoman Khusus Pengembangan Silabus Mata Pelajaran Kimia. Jakarta, Depdiknas.

Ibayati, Y. (2002). “Analisis Strategi Mengajar pada Topik Sistem Saraf di SMU”. Tesis Program Pascasarjana UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Kurniati, T. (2001). “Pembelajaran Pendekatan Keterampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa”. Tesis Program Pascasarjana UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Lazarowitz, R & Penso, S. (1992). High School Students Difficulties in Learning Biology Concept. Journal Biological Education 26 (3), 215-223.

Martens, Hans. 2010. “Evaluating Media Literacy Education: Concepts, Theories and Future Directions”. Journal of Media Literacy Education 2:1 (2010) 1 – 22.

Mbarika, V., Bagarukayo, E. 2010. “A Multi-Experimental Study on the Use of Multimedia Instructional Materials to Teach Technical Subjects”. Journal of STEM Education. Vol 1#2 Special Edition 2010.

Michael, J. (2007). “What Makes Physiology hard for Students to Learn? Result of a Faculty Survey”. Advances in Physiology Education, Volume 31: 34-40, 2007.

Munir. (2008). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Niken, A. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif, dan Prospektif. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Ormord, J. E. 2009. Psikologi Pendidikan Edisi Keenam Jilid 1. Jakarta. Erlangga.

Paivio, Allan. 2006. “Dual Coding Theory and Education”. Draft. Draft chapter for the conference on “Pathways to Literacy Achievement for High Poverty Children,” The University of Michigan School of Education, September 29-October 1, 2006.

Rijal. 2003. “Pengaruh Media Gambar Kartun Terhadap Sikap, Minat, dan Motivasi, dan Prestasi Belajar Siswa di SMUN 1 Malang”. Skripsi. Sarjana Jurusan Fisika FMIPA UM.

Sagala, S. 2008. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Salmiyati (2007). “Implementasi Teknologi Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Konsep Saraf untuk Meningkatkkan Pemahaman dan Retensi Siswa”. Tesis Program Pascasarjana UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Slavin, Robert E. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik Edisi Sembilan. Jakarta: PT Indeks.

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto. 2012. “Penggunaan Video Animasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Kompetensi Sistem Starter”. Automotive Science and Education Journal. Vol.1, No.1 (1)/2012.




DOI: https://doi.org/10.21107/jps.v3i1.1297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pena Sains Indexed by:

Directory of Open Access Journals                       Home         Find in a library with WorldCat                   Related image

 

 

 

 

 Creative Commons License

Jurnal Pena Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Science Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.