PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP METABOLISME DAN RESPON PESERTA DIDIK KELAS XII IPA-7 SMA NEGERI 1 SAMPANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Full Text:
download (Bahasa Indonesia)References
Arends, Richard I. 1997. Learning to Teaching. Sixt Edition. Boston. Mc Graw Hill.
Arikunto, Suharsimi. 1987. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Chotimah, Chusnul. 2006. Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Biologi dalam Pendekatan Kontekstual Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Peserta Didik X-6 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Tanpa Penerbit. Malang.
Depdiknas. 2003. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Biologi (KBK 2004). Jakarta:Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Depdiknas. 2003. Pedoman Umum Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran Biologi SMA (KBK 2004). Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Depdiknas. 2006. Standar Isi, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Biologi (KTSP 2006). Jakarta. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Kemmis, S and MC. Taggart, R. 1988. The Action Research Planer. Victori. Deakin University.
Nurhadi, Yasin dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Nursito. 2002. Peningkatan Prestasi Sekolah Menengah. Jakarta: Insan Cendekia.
Setiasih, Niti. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil dan Aktivitas Belajar IPA Pokok Bahasan Ekosistem Pada Siswa Kelas VII-C SMP Negeri 2 Kajen Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2009/2010. Pekalongan. Jurnal Fortuna Volume 1, Nomor 1, Desember 2010.
Slavin, Robert E. 1995. Cooperative Learning: Theory, Research and Practice. Massachusetts: Allyn and Balcon.
Suryati, Herfen. 2008. Penggunaan Epidermis/Kulit Bawang Bombay Sebagai Membran Semi Permeabel Dalam Pembuktian Fenomena Difusi – Osmosis dan Penerapannya Pada Proses Pembuatan Manisan Rumput Laut. Makalah LKIG 2008. Bontang. Tanpa Penerbit.
Tu’u, Tulus. 2004. Penilaian Belajar Berbasis Bidang Studi IPA. Bahan Pelatihan Kurikulum KBK bagi guru-guru SD, SMP dan SMA. Malang: Jurusan Biologi FPMIPA Universitas Negeri Malang.
Qodriyah. 2002. Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Melalui Pembelajaran Kooperatif (tipe STAD) Pada SMU Wahid Hasyim Malang. Malang.Tanpa Penerbit.
DOI: https://doi.org/10.21107/jps.v2i1.1275
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pena Sains Indexed by:
Jurnal Pena Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Science Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.