PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP METABOLISME DAN RESPON PESERTA DIDIK KELAS XII IPA-7 SMA NEGERI 1 SAMPANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Syaiful Rohman

Abstract


Tujuan utama dari penelitian ini adalah menerapkan suatu model pembelajaran kooperatif yang kreatif dan inovatif serta berpusat pada peserta didik (student centered), yaitu model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperatif Integrated Reading and Composition), dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sampang, yang berlokasi di jalan Jaksa Agung Suprato 73 Sampang 69213. Sebagai subjek penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik kelas  XII IPA-7 pada semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012, berjumlah 32 orang peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: penerapan model pembelajaran cooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan hasil belajar konsep metabolisme peserta didik kelas XII IPA-7 SMA Negeri 1 Sampang Tahun Pelajaran 2011/2012, yaitu dari 78% peserta didik yang telah mencapai ketuntasan pada siklus I menjadi 94% peserta didik yang telah mencapai ketuntasan pada siklus II, dan (2) penerapan model pembelajaran cooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan respon peserta didik kelas XII IPA-7 SMA Negeri 1 Sampang Tahun Pelajaran 2011/2012, yaitu 79% peserta didik yang memberikan respon setuju atau positif pada siklus I menjadi 92% peserta didik yang memberikan respon sangat setuju atau sangat positif pada siklus II.

References


Arends, Richard I. 1997. Learning to Teaching. Sixt Edition. Boston. Mc Graw Hill.

Arikunto, Suharsimi. 1987. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chotimah, Chusnul. 2006. Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Biologi dalam Pendekatan Kontekstual Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Peserta Didik X-6 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Tanpa Penerbit. Malang.

Depdiknas. 2003. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Biologi (KBK 2004). Jakarta:Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Depdiknas. 2003. Pedoman Umum Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran Biologi SMA (KBK 2004). Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Depdiknas. 2006. Standar Isi, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Biologi (KTSP 2006). Jakarta. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kemmis, S and MC. Taggart, R. 1988. The Action Research Planer. Victori. Deakin University.

Nurhadi, Yasin dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Nursito. 2002. Peningkatan Prestasi Sekolah Menengah. Jakarta: Insan Cendekia.

Setiasih, Niti. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil dan Aktivitas Belajar IPA Pokok Bahasan Ekosistem Pada Siswa Kelas VII-C SMP Negeri 2 Kajen Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2009/2010. Pekalongan. Jurnal Fortuna Volume 1, Nomor 1, Desember 2010.

Slavin, Robert E. 1995. Cooperative Learning: Theory, Research and Practice. Massachusetts: Allyn and Balcon.

Suryati, Herfen. 2008. Penggunaan Epidermis/Kulit Bawang Bombay Sebagai Membran Semi Permeabel Dalam Pembuktian Fenomena Difusi – Osmosis dan Penerapannya Pada Proses Pembuatan Manisan Rumput Laut. Makalah LKIG 2008. Bontang. Tanpa Penerbit.

Tu’u, Tulus. 2004. Penilaian Belajar Berbasis Bidang Studi IPA. Bahan Pelatihan Kurikulum KBK bagi guru-guru SD, SMP dan SMA. Malang: Jurusan Biologi FPMIPA Universitas Negeri Malang.

Qodriyah. 2002. Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Melalui Pembelajaran Kooperatif (tipe STAD) Pada SMU Wahid Hasyim Malang. Malang.Tanpa Penerbit.




DOI: https://doi.org/10.21107/jps.v2i1.1275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pena Sains Indexed by:

Directory of Open Access Journals     Image result for sinta2 ristekdikti   Related image       Home       Find in a library with WorldCat                Startsida    Related image

 

 

 

 

 Creative Commons License

Jurnal Pena Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Science Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.