Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung

Dimas Sasongko, Intan Rahma Putri, Vivi Nur Alfiani, Saskia Dyah Qiranti, Riski Sinta Sari, Pramania Eka Allafa

Abstract


Pesatnya perkembangan teknologi dunia digital dan internet tentu juga berimbas pada dunia pemasaran. digital marketing ini lebih prospektif karena memungkinkan para calon pelanggan memperoleh segala macam informasi mengenai produk dan bertransaksi melalui internet. Penjualan Makaroni Bajak Laut selama ini mengharuskan konsumen yang ingin memesan atau membeli produk untuk datang langsung ke lokasi atau memesan lewat WhatsApp untuk melihat produk yang akan dibeli.Tujuan kegiatan ini adalah memeberikan pelatihan dan pendampingan kepada UMKM Makaroni Bajak Laut tentang implementasi Digital Marketing sebagai strategi dalam memasarkan produk. Tahap pelatihan dan pendampingan terdiri dari beberapa kegiatan yaitu: (1) Pengenalan packaging dan branding, (2) Dokumentasi produk, (3) Pengenalan sosial media, (4) Pengenalan marketplace, (5) Menerima pesanan dan mengirim barang. Hasil dari Pengabdian Kepada Masyarakat adalah UMKM Makaroni Bajak Laut memiliki sosial media dan marketplace sebagai alat untuk melakukan promosi produk dan pemilik UMKM Makaroni Bajak Laut memiliki pemahaman tentang Digital Marketing serta mampu mengelola sosial media dan marketplace yang dimiliki.

Keywords


Digital Marketing; UMKM; Media Sosial; Marketplace

References


Amri, A. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. BRAND Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran. Vol 2 (1). 123–131 pp.

Hendriadi, A. A., Padilah, T. N., & others. 2019. Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. J-Dinamika. Vol 4(2).

Hardilawati, L. W. 2020. Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi dan Ekonomika. Vol 10(1). 89–98 pp.

Muljanto, M. A. 2020. Pencatatan dan Pembukuan Via Aplikasi Akuntansi UMKM di Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Pangabdhi. Vol 6 (1), 40–43 pp.

Narto, N., HM, G. B., & others. 2020. Penguatan Strategi Pemasaran Pudak di Tengah Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Gresik. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya. Vol 6(1). 48–54 pp.

Prabowo, W. A. 2018. Pengaruh Digital Marketing terhadap Organizational Performance dengan Intellectual Capital dan Perceived Quality sebagai Variabel Intervening pada Industri Hotel Bintang Tiga di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol 12 (2). 101–112 pp. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.2.101-112

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. 2017. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM). Vol 1 (1).

https://jdih.kemenkeu.go.id/fullText/2005/14TAHUN2005UU.htm

Wardani, T. I., & Wijonarko. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Berbasis Lokakarya Terhadap Pemahaman Petunjuk Operasional Komputer Multimedia dan Kemampuan Mengoperasikan Komputer Multimedia Visual Basic. In Prosiding Seminar Nasional Geotik 2018: Literasi Digital untuk Pendidikan Aman Berkelanjutan (pp. 265–271). Pendidikan Teknik Informatika dan Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7809

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dimas Sasongko

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pangabdhi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2477-6289 (Online)  ISSN 2477-6270 (Print)

Terindeks oleh: