Peningkatan Kompetensi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Parenting Education pada Tingkat Pendidikan Anak Usia Dini
Abstract
Parenting education, merupakan pendidikan yang berkaitan dengan cara atau teknik pengasuhan atau mengasuh anak saat mereka tumbuh berkembang. Tujuan kegiatan ini ialah memberikan pelatihan dan pendampingan kepada orang tua dan guru dalam melaksanakan perawatan dan pengasuhan kepada anak di jenjang PAUD. Metode yang digunakan yaitu, 1) tahap perencanaan :wawancara dan observasi, 2) tahap kegiatan: ceramah, tanya jawab dan praktik, 3) tahap evaluasi: pendampingan intensif melalui grup whatsapp. Kegiatan ini diikuti oleh 3 guru dan 30 orang tua kelompok bermain asy syifa azzahra, yang beralamat di jalan komyos sudarso Pontianak Barat. Hasil kegiatan peserta 1) memahami parenting education 2) menyusun program bimbingan dan konseling dan parenting education.
Kata Kunci: Bimbingan dan Konseling, Parenting Education, PAUD.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ade, S & Dinno, M. 2018. Program Parenting Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Keluarga (Program Pengabdian di Desa Karangpakuan, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) IKIP Siliwangi. Vol 1 (1). 22-30 pp.
Ahmad, S. 2015. Perkembangan Parenting Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Kemendikbud.
Choirun, N., Vanda, R., & Evi, D. 2018. Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Pendampingan Bagi Guru Pos PAUD. Jurnal Abadi. Vol 2 (2). 38-46 pp.
Kadarharutami. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.
Sofyan. 2015. Konseling Keluarga. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang No 20 Pasal 1 Butir 1 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta: Kemendikbud.
DOI: https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7725
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 novi andriati noviandriati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Pangabdhi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.