Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Sektor Pangan dalam Meningkatkan Perekonomian Lokal Melalui Pendampingan Sertifikasi Halal di Kecamatan Tragah Bangkalan

Galuh Widitya Qomaro, Hammam Hammam, Khoirun Nasik

Abstract


Perkembangan usaha mikro kecil dan menengah di Kabupaten Bangkalan terbilang mengalami pasang surut dari tahun ke tahun. Salah satu usaha mikro kecil dan menengah yang dimiliki Kabupaten Bangkalan sebagai penggerak perekonomian masyarakat khususnya di Kecamatan Tragah adalah di bidang produk makanan. Dalam upaya meningkatkan kemandirian dan kesadaran produk halal Tim Abdimas mengadakan serangkaian kegiatan pelatihan dan pendampingan pendaftaran sertifikat halal untuk menunjang daya jual dan komersialitas produk yang dihasilkan UMKM Kecamatan Tragah. Kegiatan dibagi menjadi 3 (tiga) tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Persiapan dilakukan melalui kegiatan focus group discussion sebagai bagian dari survey pendahuluan untuk menilai kondisi dan pemahaman halal masyarakat dan UMKM. Pelaksanaan dilakukan dengan: (1) pelatihan dalam beberapa tema produk halal menggunakan teknik presentasi (2) pengenalan dan praktek pengisian form pendaftaran sertifikat halal Cerol SS23000 melalui website LPPOM MUI (3) pendampingan pendaftaran sertifikasi halal online. Evaluasi kegiatan dilakukan untuk masing-masing tahap dengan mengumpulkan dan menyimpulkan data dari masing- masing tahapan kegiatan sehingga dapat menjadi landasan data untuk keberlanjutan kegiatan.


Keywords


sertifikasi halal, jaminan produk halal, UMKM, Tragah

References


Indonesia (MUI). 2019. Prosedur Sertifikasi Halal. Diakses dari laman resmi www.halalmui.org. tanggal 20 Juli 2019

-----------2019. Persyaratan Halal MUI (HAS23000)

-----------2019. Ketentuan Sistem Jaminan Halal (SJH)

Rezfi, D. 2016. Pelaksanaan Sertifikasi Halal Terhadap Restoran dan Rumah Makan Dikaitkan dengan Perlindungan Konsumen. Skripsi. Universitas Andalas, Padang.

Wahyuni, E & Rohmah, S. 2016. Pentingnya Sertifikasi Halal Terhadap Pemasaran Produk. Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v5i2.6116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Galuh Widitya Qomaro, Hammam Hammam, Khoirun Nasik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pangabdhi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2477-6289 (Online)  ISSN 2477-6270 (Print)

Terindeks oleh: