Pemberdayaan Aparat Desa di Kecamatan Ketapang dan Sokobanah Kabupaten Sampang Madura

Gita Arasy Harwida

Abstract


Tujuan dan target khusus yang ingin dicapai dari program KKN- PPM ini adalah meningkatnya kerjasama antara perguruan tinggi, pemerintah daerah dan desa dalam mewujudkan good governance melalui program KKN-PPM dan meningkatnya  kesadaran  aparatur  desa  dan  masyarakat  desa  untuk  memperbaiki kualitas sumberdayanya dalam mengelola anggaran atau keuangan desa. Metode pelaksanaan kegiatan KKN-PPM adalah melalui penyuluhan dan pelatihan perencanaan dan pengelolaan keuangan desa dengan mengacu pada peraturan dan perundang-undangan yang ada meliputi: (i) survey pendahuluan atas kondisi aparatur dan pengelolaan keuangan desa yang telah dilaksanakan, (ii) persiapan bagi para mahasiswa sebagai pendamping atau fasilitator; (iii) pelatihan dan pendampingan disertai praktek dari aparatur desa; (iv) evaluasi program. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini antara lain adanya proses  transfer  keilmuan  dan  pengetahuan  tentang  perencanaan  dan  pengelolaan keuangan desa akan berjalan dengan baik dengan keterlibatan berbagai pihak dalam memberdayakan aparatur desa, meningkatnya kemampuan aparatur desa, dengan adanya berbagai macam solusi untuk memecahkan permasalahannya, serta terciptanya  good  governance  pada  pemerintah  desa  yang  mampu  memberikan

snowball effect kepada lapisan pemerintahan yang sejajar yaitu desa lainnya serta keluran, dan memberikan firework effect bagi pemerintahan diatasnya. Untuk hal tersebut dapat dikatakan bahwa aparat desa menjadi agent of change bagi pelaksanaan tata kelola anggaran desa.


Keywords


keuangan desa, aparatur desa, perencanaan, pengelolaan keuangan

References


Badan Pusat Statistik. 2017. Sampang dalam Angka. Sampang.

Djasuli, M. 2016. Pengembangan Model LKMS (Lembaga Keuangan Mikro Syari’ah) dengan Pola Grameen Bank dalam Upaya Penguatan Ekonomi Masyarakat Petani Garam di Pulau Madura. Laporan Penelitian. LPPM UTM. Bangkalan.

Efendi, L. 2008. Usaha usaha Pemberdayaan Masyarakat. Penerbit Insani. Malang.




DOI: https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v4i2.4933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Gita Arasy Harwida

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pangabdhi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2477-6289 (Online)  ISSN 2477-6270 (Print)

Terindeks oleh: