IbM Usaha Miniatur Kapal Berbasis Industri Kreatif Di Bangkalan, Madura

Chairul Anam

Abstract


Kegiatan Iptek Bagi Masyarakat (IbM) ini berlangsung di lokasi mitra, Jl.Dumarah RT 1, RW 9 (Bedak Barat) Desa Banyuajuh, Kamal, Madura. Tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan pendampingan dari manajemen usaha terutama dari aspek keuangan, aspek pemasaran, aspek produksi dan aspek sumberdaya manusia.Ada 2 unit usaha industri kreatif yang dilakukan pendampingan yaitu UMKM Cakraningrat Ship Model dan UKM Madura Miniatur, kedua UMKM bergerak dalam bidang usaha miniatur kapal. UKM ini mengalami kendala dalam mengembangkan kegiatan usahanya dari sisi pemasaran,produksi,keuangan dan sumberdaya manusia. Solusi yang ditawarkan dari sisi keuangan,perlu ada pemisahan administrasi antara keuangan keluarga dan keuangan bisnis, dari sisi produksi perlu ada penambahan peralatan,dari sisi sumberdaya manusia perlu menambah kuantitas dank kualitas tenaga kerja,dari sisi pemasaran perlu banyak mengikuti pameran dan memperluas promosi. Metode pelaksanaan kegiatan yang dilakukan dengan pendidikan, pelatihan,pendampingan, penyuluhan dan konsultasi, manajemen usaha dan adopsi teknologi yang tepat untuk meningkatkan kuantitas,kualitas dan profitabilitas produk. Untuk keberhasilan kegiatan ini,maka diperlukanperan sertamitrasecara pro aktif dalammenentukan pendekatan solusi yang digunakan,untuk mendapat pendidikan,pelatihan,dan pendampingan serta aktif berkonsultasi tentang berbagai hal yang dihadapi perusahaannya, dan dalam menentukan rencana solusi alternatif, maka keputusan akan didiskusikan bersama.

Keywords


UMKM, industri kreatif, miniatur kapal, produksi, pemasaran, sumberdaya manusia

Full Text:

PDF

References


BPS, Bangkalan Dalam Angka 2015.

Departemen Perdagangan Republik Indonesia. 2008, Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025: Rencana Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2009-2015.

James C. Van Horne, John M. Wachowicz, Jr..2005.Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan, Buku 1 Edisi 12 (Soft Cover, Kertas HVS),Salemba Empat,Jakarta

Mathis, Robert L.2006.Human Resource Management : Manajemen Sumber Daya Manusia.Salemba Empat,. Jakarta

Philip Kotler. Kevin Lane Keller.2002. Manajemen Pemasaran (Jilid 1) (Edisi 13), Penerbit Erlangga, Jakarta

Rakhmat Makmur.2016. Bisnis Online. Penerbit Informatika. Jakarta

Sutarman, Pengantar Tehnologi Informasi, 2009.Penerbit Bumi Aksara, Jakarta

T.Hani Handok.2010.Dasar-Dasar Manajemen Produksi dan Operasi.Edisi 1. BPFE Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v4i1.4629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Chairul Anam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pangabdhi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2477-6289 (Online)  ISSN 2477-6270 (Print)

Terindeks oleh: