Pengaruh Budaya Organisasi, Kemampuan Kerja dan Disiplin Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Pertanian Kabupaten Labuhanbatu Utara

Henry Simarmata

Abstract


Kinerja pegawai pada Dinas Pertanian Kabupaten Labuhanbatu Utara dinilai masih sangat rendah berkaitan dengan belum optimalnya target capaian organisasi pada rentang waktu tiga tahun terakhir, masih sedikitnya regulasi yang dihasilkan, disiplin kerja yang kurang baik, serta pengetahuan pegawai yang minim. Sumber daya manusia termasuk faktor terwujudnya kehidupan maupun kemajuan organisasi, sehingga organisasi pada level pemerintahan daerah juga membutuhkan sumber daya manusia yang tangguh untuk mencapai peningkatan kinerja aparatur sipil negara. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh budaya organisasi, kemampuan kerja dan disiplin terhadap kinerja pegawai. Objek Penelitian ini adalah seluruh pegawai Dinas Pertanian Kabupaten Labuhanbatu Utara. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuesioner dengan mengunakan metode total sampling untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dan uji hipotesis menggunakan uji t untuk menguji koefisien regresi parsial serta uji F untuk menguji keberartian pengaruh secara bersama-sama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel budaya organisasi, kemampuan kerja dan disiplin menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai baik secara parsial maupun simultan.

 


References


Arikunto, S. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Ketiga. pp.109

Prawatya & Raharjo. 2012. Pengaruh Disiplin Kerja dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pabrik Minyak Kayu Putih (PMKP) di Krai Purwodadi. Diponegoro Journal Of Management Volome 1 (1). 323-333 pp.

Prawirosentono, S. 2009. Perilaku Organisasi. Jakarta. Bumi Aksara.

Ridwan, 2010. Skala pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Cetakan Ketiga, Alfabeta. Bandung.

Robbins S. P. 2014, Perilaku Organisasi : Konsep, Kontroversi, Aplikasi. Versi Bahasa Indonesia. Jilid 1 & 2. PT Prenhallindo. Jakarta.

Robbins, 2010, Perilaku Organisasi Buku 1 dan 2. Jakarta : Salemba Empat

Robbins, P.S. & T. A. Judge. 2012. Perilaku Organisasi. Jakarta : Salemba.

Raharjo, Paramita & Warso. 2016. Pengaruh Kemampuan Kerja, Pengalaman dan Pelatihan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Dengan Kompetensi Kerja Sebagai Variabel Intervening (studi kasus pada KUD “PATI KOTA” Kabupaten Pati). Journal Of Management. Vol.2 (2).

Sedarmayanti. 2009. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung : Penerbit Mandar Maju

Sugiyono, 2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Bandung : CV Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v13i2.8513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Henry Simarmata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: