Strategi Sharia’ Marketing Pick Up Service Koperasi Syariah TKI Artha Mulya Lamongan

Eny Latifah, Devi Azlina Putri

Abstract


Tujuan penelitian adalah ingin mengetahui strategi pemasaran yang Islami serta kelemahan dan kelebihan dari Pick Up Service (pelayanan jemput bola) dari costumer (nasabah) kepada koperasi Sariah TKI Artha Mulya dan sebaliknya. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif atas gambaran Strategi Sharia’Marketing dengan model Pick Up Service pada Islamic Microfinance yang bernama koperasi syariah TKI Artha Mulya yang langsung ditujukan kepada narasumber dengan bantuan alat penelitian yang terkemas dalam triangulasi agar mendapat data yang bisa diketahui kebenaranya. Hasil penelitian adalah 1) strategi pemasaran dengan Pick Up Service untuk Simpanan Barokah Keluarga (SIBERKAH) di Islamic Microfinance Institutions yang bernama Koperasi Syariah Artha Mulya Lamongan memiliki keunikan dibanding yang lain yaitu nasabah diperbolehkan menyimpan uang sisa pengeluaran untuk belanja sebesar lima ratus rupiah atau lebih kedalam sebuah kaleng yang sebelumnya telah disediakan oleh koperasi syariah tersebut, kemudian strategi Pick Up Service sewaktu- waktu akan ada petugas yang mengambilnya dirumah nasabah. 2) Kekurangan dan kendala yang dihadapi oleh Koperasi Syariah TKI Artha Mulya saat melakukan Pick Up Service dari perspektif marketing yaitu membutuhkan tenaga dan waktu yang lebih ekstra di banding dengan nasabah yang datang sendiri ke kantor, dan 3) Keuntungan dan kelebihan yang di dapat Koperasi Syariah TKI Artha Mulya dalam menjalankan Pick Up Service dalam perspektif nasabah adalah nasabah tidak perlu ke kantor, dan loyalitas serta rasa kekeluargaan antar nasabah dengan koperasi syariah semakin erat.


Keywords


koperasi syariah; pelayanan jemput bola; strategi pemasaran

References


Al Arif, R & Nur, M. 2014. Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Jakarta : Alfabeta.

Fashri. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta : PT.Grafindo Persada

Husein, U. 2001. Strategi Manajemen in Action. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kartasapoetra, G. 2013. Praktek Pengelolaan Koperasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Miles, M.B & Huberman, M.A. 1992. Analisa Data Kualitatif, Jakarta : UI-Press

Muhammad. 2004 Sistem dan Prosedur Operasional Bank Syariah. Yogyakarta : UII Press.

Rifki, M. 2010. Akuntansi Keuangan Syariah. Yogyakarta: P3EI Press.

Tjiptono, F. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi.




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v13i1.7161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Eny Latifah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: