Pengaruh Kepemimpinan, Disiplin dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Tarukim Labura

Mohammad Edi Syahputra, Syaiful Bahri, Muis Fauzi Rambe

Abstract


Sumber daya manusia merupakan faktor penggerak utama dari seluruh aktivitas perusahaan, karena peranan itulah tenaga kerja hendaknya mendapatkan perhatian yang lebih serius dari pihak perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, disiplin kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai di dinas perumahan dan kawasan pemukiman kabupaten labuhan batu utara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai yang bekerja pada dinas perumahan dan dan kawasan pemukiman kab. Labuhan batu utara sebanyak 31 pegawai dan sampel yang dipakai adalah seluruh pegawai yang ada. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dokumentasi dan daftar angket (kuisioner). Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik uji t, uji f dan koefisien determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program Software SPSS 22.00 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dari pengujian parsial kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Pengujian parsial pengaruh disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Pengujian parsial motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Dan pengujian secara simultan pengaruh kepemimpinan, disiplin dan motivasi terhadap kinerja pegawai Menunjukkan bahwa kepemimpinan, disiplin kerja dan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai.


Keywords


kepemimpinan; disiplin kerja; motivasi; kinerja; regresi linear

References


Damayanti, A, P., Susilaningsih., Sumaryati, S. 2013. Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surakarta. Jurnal FKIP Universitas Sebelas Maret. Vol 2. No 1. 155-168 pp.

Fahmi, I. 2016. Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama.Jakarta : Mitra Wacana Media

Hasibuan, M.S.P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT.Bumi Aksara

Luhfti, R.I. 2014. Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada PT Ebiscom Prima Karya, Kantor Perwakilan Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol 13. No. 1. 1-8 pp.

Mangkunegara, A.P. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nurcahya, G.A. 2018. Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Arah Enviromental Indonesia Bag Surakarta. Jurnal E-Proceeding Of Management. Vol 5. No 1. 1-10 pp.

Rivai, V. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Robbins. 2006. Perilaku Organisasi. Jakarta : Bhuana Ilmu Populer

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Cetakan Pertama. Bandung : CV Alfabeta

Sulaksono, H. 2015. Motivasi Kerja dan Kinerja. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Depublis.




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v13i1.7017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Edi Syahputra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: