Pengaruh Fasilitas dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan : Studi Kasus Mahfoed Life Gym

Arta Rutjuhan, Ismunandar Ismunandar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fasilitas dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan Mahfoed Life Gym. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian terdiri dari : fasilitas (X1) dan Lokasi (X2) sebagai variabel independen, dan Kepuasan Pelanggan sebagai variabel dependen (Y). Seluruh variabel diukur dengan menggunakan skala Likert. Jumlah sampel yang diteliti adalah 60 responden. Pengujian instrumen dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Alat analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan SPSS. Hasil penelitian menunjukan garis regresi sebagai berikut : Y=10.6690-0,123X1+0,334X2+e. Nilai R (Koefisien Korelasi) yang diperoleh sebesar 0,786 atau 78,6% dan nilai R Square (Koefisisen Determinasi) sebesar 0,618 atau 61,8%. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial Fasilitas tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan sedangkan Lokasi berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Secara simultan terbukti bahwa Fasilitas dan Lokasi berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Mahfoed Life Gym. Sehingga dapat disarankan kepada pemilik Mahfoed Life Gym untuk melakukan peningkatan dalam hal yang berkaitan dengan lokasi Mahfoed Life Gym.


Keywords


kepuasan pelanggan; fasilitas; regresi linear

References


Ardiawan, P. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen pada Lapangan Futsal Mareno 2 Ngunut Tulungagung. Simki Economic. Vol 2 No 1.

Gama, A, W, S. Rustiarini, N, W. & Anggraini, N, P, N. 2016. Pengaruh Lokasi, Fasilitas dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pasar Seni Guwang Suka Wati). Jurnal Ekonmi & Pariwisata Vol. 11 No. 1

Dewandi. Kasih, Y. & Idham, C. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen pada Hotel Emilia Palembang. STIE MDP.

Sulistiyana, R.T. Hamid, D. & Azizah, F, A. 2015. Pengaruh Fasilitas Wisata dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Museum Satwa). Jurnal Administrasi Bisnis Vol 25, No 2.

Mardiyanti, Y. & Murwatiningsih 2015. Pengaruh Fasilitas dan Promosi Terhadap Kepuasan Pengunjung Melalui Keputusan Berkunjung Sebagai Variable Intervening pada Objek Wisata Kota Semarang. Management Analysis Journal. Vol 4 No 1.

Purnomo, E. & Makmur, Y.A. 2017 Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Lokasi Dalam Pembelian Beras Lokal (Studi Kasus Desa Rambah Utama. E-Journal Mahasiswa Prodi Manajemen. Vol 4 No 1.

Prasetio, A. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Management Analysis Journal 1. Hal. 1–6.

Sulastiyono, A. 2011. Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Seri Manajemen Usaha Jasa Sarana Pariwisata dan Akomodasi. Alfabeta. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v13i1.7015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Arta Rutjuhan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: