Pengaruh Motivasi dan Persepsi Terhadap Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK) di Kota Semarang

Hesti Fajarsari

Abstract


Penelitian ini menginvestigasi pengaruh motivasi (kualitas, karir, ekonomi dan sosial) dan persepsi (biaya pendidikan dan lama studi) terhadap minat mahasiswa mengikuti PPAk. Variabel yang digunakan adalah motivasi kualitas, motivasi karir, motivasi ekonomi, motivasi sosial, persepsi biaya pendidikan dan persepsi lama studi sebagai variabel independen, dan minat mahasiswa mengikui PPAk sebagai variabel dependen. Penelitian menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 73 orang. Alat analisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan motivasi kualitas, motivasi karir, motivasi ekonomi, motivasi sosial, persepsi biaya pendidikan dan persepsi lama studi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi mengikuti PPAk. nilai dari model regresi diperoleh sebesar 0,356, yang berarti bahwa 35,6% minat mahasiswa mengikuti PPAk dapat dijelaskan oleh ke-6 variabel tersebut. Namun, berdasarkan analisis parsial, hanya motivasi karir dan motivasi sosial yang berpengaruh positif signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi studi PPAk di kota Semarang. Sedangkan variabel lainnya seperti motivasi kualitas, motivasi ekonomi, persepsi biaya pendidikan dan persepsi lama studi tidak mempengaruhi minat mahasiswa akuntansi mengikuti PPAk di kota Semarang


Keywords


motivasi, persepsi, regresi linear berganda, akuntansi

References


Abidin, A.Z & Ervanto, A.D. 2015. Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Ujian Certified Public Accountant (CPA). JAFFA. Vol 3 No 1.

Arikunto, S. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Business Dictionary. 2018. Pengertian Motivasi. www.businessdictionary.com/definition/motivation.html. Diakses pada 2 Desember 2018.

Buss, D.M. 1997. Human Social Motivation in Evolutionary Perspective: Grounding Terror Management Theory. Psychological Inquiry Vol. 8 No. 1.

Denziana, A & Febriani, R.F. 2017. Pengaruh Motivasi, Persepsi Biaya Pendidikan dan Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) (Studi Kasus Pada Perguruan Tinggi di Bandar Lampung). SENARAI-Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol 8 No 2.

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Akasara.

Dyastari, N.I.S dan Yadnyana, I.K 2016. Pengaruh Minat Mahasiswa Non-Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol 16 No 1.

Hidayat, S. 2013. Teori dan Prinsip Pendidikan. Tangerang: PT Pustaka Mandiri.

Ilmiha, J & Syafrizal. 2017. Pengaruh Motivasi Kualitas, Motivasi Karir Dan Motivasi Ekonomi Terhadap Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Profesi. Jurnal Riset Akuntansi Multiparadigma (JRAM). Vol 4 No 3.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. 2008. Pengertian Motivasi. https://kbbi.web.id/motivasi. Diakses pada 2 Desember 2018.

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 179/U/2001 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Profesi Akuntansi. Diakses 20 Desember 2018.

Kusumastuti, R & Waluyo, I. 2013. Pengaruh Motivasi dan Pengetahuan Undang-Undang No. 5 Tahun 2011 Tentang Akuntan Publik Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. (PPAk). Jurnal Nominal. Vol. 2 No 2.

Martameh, M.S. 2012. Motivasi Sosial. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Panggabean, R.R & Kusumaningsih, N.K. 2011. Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Universitas Bina Nusantara Angkatan 2006 Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi. Akuntansi Binus Business Review Vol 2 No 1. pp 160-172.

Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomer 25/PMK.01/2014. Tentang Akuntan Beregister Negara.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 153 Tahun 2014. Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Program Profesi Akuntan.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 48. 2008 Tentang Pendanaan Pendidikan.

Salman H. 2015. Pengaruh Motivasi Kualitas Dan Motivasi Ekonomi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) Dengan Kepribadian Individu Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Riau dan Universitas Andalas). JomFekon Vol 2 No 1.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Setiadi, N.J. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media Grup.

Slamet. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Salemba Empat

Umar, I. 2014. Factors Influencing Students’ Career Choice in Accounting: The Case of Yobe State University. Research Journal of Finance and Accounting Vol.5. No.17.

Widyastuti, SW., Juliana, K dan Suryaningsum, S.. 2004. Pengaruh Motivasi terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Simposium Nasional Akuntansi VII: Bali.




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v13i1.7001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Hesti Fajarsari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: