Peranan Komunikasi Interpersonal Guru dalam Meningkatkan Pengetahuan Anak (Studi pada Guru-guru di PAUD Kharisma dan PAUD Lestari)

Makhmud Zulkifli

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses komunikasi yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar, bentuk-bentuk komunikasi serta pendekatan-pendekatan komunikasi yang dilakukan guru terhadap anak didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen serta teknik analisis data deskriptif dengan presentase. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana peranan komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan pengetahuan anak. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang ada, maka yang dapat disimpulkan dalam penelitian adalah sebagai berikut : (1) secara keseluruhan peranan komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan pengetahuan anak disimpulkan cukup baik; (2) bahasa yang digunakan oleh guru sudah sangat tepat dalam berkomunikasi dengan anak didiknya; (3) komunikasi non verbal yang dilakukan guru dalam berinteraksi dengan muridnya adalah dengan menggunakan gerakan, objek tambahan, isyarat, raut dan ekspresi wajah, simbol serta intonasi suara yang bervariasi; (4) pesan yang disampaikan dalam Komunikasi interpersonal guru dengan murid lebih kepada konsep pelajaran dan juga motivasi kepada anak didiknya untuk lebih cepat memahami apa yang dimaksudkan oleh guru tersebut.


Keywords


bahasa; komunikasi; verbal; guru; balita

References


Beebe,S.A., Beebe,S.J & Redmond, M.V. 1999. Interpersonal Communication-Relating to Others (2nd ed). USA: Allyn and Bacon.

Creswell, J.W. 1994. Qualitative Inquiry and Reasearch Design. Sage. California.

Devito, J.A. 1997. Komunikasi Antar Manusia: Kuliah Dasar. Edisi kelima, Diterjemahkan oleh Agus Maulana. Professional Books. Jakarta.

Fuchan, A. 1992. Pengantar Metode Penelitian Kualitatif. Penerbit Djambatan. Jakarta.

Littlejohn. J.S. 1999. Theories of Human Communication. Belmont. California: Wadsworth Publishing Company.

Liliweri, A. 1991. Komunikasi Antar Pribadi. Citra Aditya Bhakti. Bandung.

Moleong, L.J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya. Bandung.

Mulyana, D. 2002. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar.Remaja Rosdakarya. Bandung:

Sadiman, A. 1986. Media Pendidikan, Pendidikan, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Grafindo. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v12i1.5180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Makhmud Zulkifli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: