Pemetaan Sosial Dampak Keberadaan Terminal BBM Pertamina di Kecamatan Camplong Sampang Madura

Dwi Budi Wiyanto, Parmadi Parmadi

Abstract


Manfaat yang dapat dirasakan oleh perusahaan melalui kegiatan tanggung jawab perusahaan sebagai upaya pengembangan masyarakat adalah terciptanya hubungan yang baik dengan stakeholder dan membina hubungan baik dengan masyarakat sehingga tidak pernah terjadi konflik. Pemetaan sosial (social mapping) merupakan upaya mengidentifikasi dan memahami struktur sosial (sistem kelembagaan dan individu) tata hubungan antar lembaga dan atau individu pada lingkungan sosial tertentu. Pelaksanaan kegiatan Social Mapping ini dilakukan di wilayah yang termasuk Ring 1 wilayah operasional PT Pertamina TBBM tepatnya di Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang. Tujuan dari kegiatan ini adalah mengidentifikasi kebutuhan dasar masyarakat dan mengidentifikasi potensi sumberdaya serta modal sosial masyarakat yang berada di wilayah operasional PT Pertamina TBBM Camplong. Keberadaan suatu perusahaan di dalam suatu wilayah tertentu akan membawa dampak positif maupun damapk negative bagi lingkungan sekitar wilayah operasional perusahaan tersebut. Secara umum, responden memberikan persepsi positif akan keberadaan dan manfaat beroperasinya PT Pertamina TBBM Camplong. Salah satu indikasinya adalah timbulnya persepsi masyarakat di tiga desa yang menyatakan bahwa beroperasinya PT Pertamina TBBM Camplong membawa dampak peningkatan perekonomian desa.


Keywords


social mapping, PT Pertamina, Camplong, persepsi masyarakat

References


Chambers, R. 1994. The Origins and Practices of Participatory Rural Appraisal. World Development. Vol 22 No 7. 953-969 pp.

Creswell, J.W. 2002. Research Design : Qualitative, Quantitative and Mixed Method Aprroaches. Second Edition. SAGE Publication.

Sanoff, H. 2000. Community Participation Methods in Design and Planning. New York. John Wiley & Sons, Ltd.

Soekanto, S. 2007. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta. Raja Grafindo.

Suharto, E. 2012. Metode dan Teknik Pemetaan Sosial. Tersedia On-lIne. http://www.policy.hu/Suharto/modul 18.htm.edi.




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v12i1.5176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Dwi Budi Wiyanto, Parmadi Parmadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: