PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN EKONOMI MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN MENGOPTIMALKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN

Erly Rusiana

Abstract


Setiap aplikasi kurikulum mempunyai aplikasi pendekatan pembelajaran berbeda-beda, seperti pada kurikulum 2013.  Scientific approach (pendekatan ilmiah) adalah pendekatan pembelajaran yang diterapkan pada aplikasi pembelajaran kurikulum 2013. Pendekatan ini berbeda dari pendekatan pembelajaran kurikulum sebelumnya. Pada setiap langkah inti proses pembelajaran, guru akan melakukan langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan pendekatan ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran dari metode klasikal ke metode scientific dengan mengoptimalkan pembelajaran berbasis lingkungan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) pada siswa kelas XI IPS-2 SMAN 1 Leces Probolinggo.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Hasil siklus I (pembelajaran metode  klasikal),  siswa kelas XI IPS-2 SMAN 1 Leces  belum mengalami ketuntasan dalam belajar sebanyak 16 siswa atau 54%, dan  46% siswa yang mengalami ketuntasan, dan (2) Hasil siklus II (pembelajaran metode scietific), siswa mengalami ketuntasan belajar 100% artinya tidak ada siswa yang memperoleh nilai kurang dari 75.

Keywords


Pembelajaran ekonomi, pendekatan scientific, PTK

Full Text:

PDF

References


Aqdwirida R, 2016. Implementasi Kurikulum 2013 di SMA Negeri 2 Magelang. Jurnal Kebijakan Pendidikan 1(5) : 34-48.

Arikunto S., 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Bumi Aksara.

Hidayati, 2007. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Universitas Negeri Yogyakarta.

Kemmis, S and Mc Taggart, R. 1992. The Action Research Planner. Australia: Deakin University Press.

Kurniasih, I., Sani dan Berlin, 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep & Penerapan. Surabaya: Kata Pena

Nazir, M., 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sudjana, N., 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yatin, M., Siti, H., Enni, S., Priyantini, W. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan scientific skill teknologi fermentasi berbasis masalah lingkungan. Jurnal Ilmu Kependidikan, 41(1): 21-26.




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v11i1.4441

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Erly Rusiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: