STUDI KOMPARASI PENGURANGAN TIMBULAN SAMPAH BERBASIS MASYARAKAT MENGGUNAKAN PRINSIP BANK SAMPAH DI SURABAYA, GRESIK DAN SIDOARJO

Maulinna Kusumo Wardhani, Arisandi Dwi Harto

Abstract


Peran serta masyarakat dalam melakukan pengurangan kuantitas/ volume sampah sekaligus mengelola sampah merupakan salah satu komponen penting dalam menanggulangi masalah persampahan terutama di kota-kota besar. Reduksi atau pengurangan jumlah dan volume sampah di sumber adalah upaya yang dilakukan untuk meminimalisasikan adanya sampah. Hal ini termasuk salah satu tindakan 5R (Reduction-mengurangi, Reuse-menggunakan kembali, Recycle-daur ulang, Recover-memulihkan fungsi, dan Revalue-memberi nilai lebih). Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) melakukan identifikasi potensi volume sampah; (2) menganalisa prinsip pengelolaan sampah dengan konsep bank sampah dan (3) melakukan perbandingan metode pengurangan sampah berbasis masyarakat melalui bank sampah dengan metode alternative lainnya. Hasil penelitin menunjukkan bahwa dampak adanya Bank Sampah untuk mereduksi jumlah sampah yang dibuang ke TPA sangat terasa di Kota Surabaya. Adanya Bank Sampah dapat mereduksi kurang lebih 81.50% dari total volume sampah setiap bulannya.  Berdasarkan hasil analisa lanjutan, dapat diketahui bahwa rata-rata pengurangan volume sampah dengan adanya bank sampah adalah sekitar 7.2% dari total volume sampah di Jawa Timur. Strategi pengelolaan sampah antara lain meliputi pelibatan masyarakat dalam pengelolaan sampah secara mandiri, pengelolaan sampah dengan menggunakan sanitary landfill yang sesuai dengan ketentuan standar lingkungan, dan pengembangan teknologi tinggi pengolahan sampah untuk sumber energi

Keywords


Bank Sampah, reduksi, strategi pengelolaan

Full Text:

PDF

References


Anonym. 1993. Composting of Domestic Refuse. Environmental Sanitation Information Centre. AIT. Bangkok.

Bahar, Y. H. 1985. Teknologi Penanganan Sampah. P.T. Wacana Utama Pramesta dan Pemda DKI Jakarta. Jakarta.

Departemen Pekerjaan Umum. 1993. Standar Spesifikasi Timbulan Sampah Untuk Kota Kecil dan Sedang di Indonesia. LPMB. Bandung.

Departemen Pekerjaan Umum. 1994. Petunjuk Teknis Sistem Modul Bidang Persampahan. Ditjen Cipta Karya. Jakarta.

Departemen Kimpraswil. 2003. Pedoman Pengelolaan Persampahan Perkotaan Bagi Pelaksana. Dirjen Tata Perkotaan dan Pedesaan. Jakarta.

Macklin, B. 2010. Teknologi Pengolahan Sampah. Fakultas Teknologi Pertanian. Universitas Padjajaran. Bandung.

Suryati, T. 2009. Bijak dan Cerdas Mengelola Sampah. Agromedia Pustaka Indonesia. Jakarta.

Tchobanoglous, G. H., Theisen, S. Virgil. 1993. Integrated Solid Waste Management Issues. Mc. Graw-Hill International Edition.

Wibowo, A & Djajawinata, D.T. 2009. Pengelolaan Sampah Perkotaan Terpadu. Deputi Bidang Sarana dan Prasarana. Bappenas. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v11i1.4439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Maulinna Kusumo Wardhani, Arisandi Dwi Harto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: