PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG MITOS SANGKAL PEREMPUAN PENOLAK LAMARAN DI DESA PENAGAN SUMENEP MADURA

Mutmainnah Mutmainnah

Abstract


Kepercayaan terhadap mitos penolak lamaran pertama bahwa jika menolak lamaran pertama akan sulit mendapatkan jodoh. Manusia cenderung menafsirkan sesuatu dengan bantuan orang lain seperti orang-orang masa lalu, penulis, keluarga, pemeran di televisi, dan pribadi-pribadi yang ditemuinya dalam latar belakang tempat  mereka bekerja atau bermain, namun orang lain tidak melakukannya untuk mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami isi dari mitos sangkal perempuan penolak lamaran pertama. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai rujukan dan bahan pertimbangan untuk penelitian yang akan datang yang berkaitan dengan mitos pada masyarakat khususnya di Madura. Pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling bertujuan untuk menyaring sebanyak mungkin dari berbagai macam sumber dan bangunannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mitos sangkal pada perempuan penolak lamaran pertama di Desa Panagan Kabupaten Sumenep sangatlah berpengaruh bagi remaja yang belum pernah dilamar. Mitos sangkal mempunyai sisi positif dan negatifnya bagi sang anak gadis. Segi positifnya, untuk menjalin silaturahmi antar sesama, menghindari perbuatan yang tidak baik dan saling membantu saat ketika membutuhkan. Segi negatifnya, memaksa kehendak anak gadis. Mitos sangkal penolak lamaran pertama akan terus dilaksanakan walaupun kepercayaan mitos penolak lamaran pertama tidak ada dalam buku ataupun kitab.


Keywords


mitos, sangkal, Madura, desa Panagan

Full Text:

PDF

References


Abdulsyani. 2002. Sosiologi Skematika Teori dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara.

Amin, D. 2000. Islam dan Kebudayaan Jawa. Yogyakarta: Gama Media.

Juniartri, R. Pengaruh Mitos Haji Pada Keberagamaan Pada Masyarakat Muslim Modern Kelurahan Karang Mulya Tanggerang-Banten. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Moleong, L.J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Persada Karya.

Muhadjir, N. 2011. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Ritzer, G. 2012. Teori Sosiologi Dari Sosiologi Klasisk Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Wibowo, A.A. 2011. Persepsi Masyarakat terhadap Mitos Air Tiga Rasa di Makam Sunan Muria Kabupaten Kudus. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Wirawan, I.B. 2012. Teori-teori Sosial dalam Tiga Paradigma, Fakta Sosial, Definisi Sosial dan Perilaku Sosial. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v11i1.4435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Mutmainnah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: