Persepsi Masyarakat Miskin terhadap Pelayanan Kesehatan Bidang Gizi (Studi Kasus di Wilayah Puskesmas Sidotopo Surabaya Utara)

Haris Fariadi, Sanggar Kanto, Mardiyono Mardiyono

Abstract


Pembangunan kesehatan juga harus dipandang sebagai suatu investasi dalam kaitannya mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pembangunan ekonomi, serta memiliki peran penting dalam upaya penanggulangan kemiskinan. Upaya kesehatan harus dilakukan sejak dini dan berkesinambungan. Gizi yang cukup serta perilaku sehat sangat penting bagi kesehatan dan pertumbuhan balita. Anak yang sehat akan lebih berkonsentrasi dalam belajar, pekerja yang sehat akan lebih produktif dalam pekerjaannya, serta ibu-ibu yang sehat akan melahirkan anak-anak yang sehat pula, dan angka kematian bayi pun dapat ditekan. Kejadian kasus balita gizi buruk di Kota Surabaya masih cukup mengkhawatirkan, Berdasarkan data Dinas Kesehatan penyebab balita gizi buruk diantaranya karena pola asuh yang keliru, kurang asupan makanan bergizi, hingga masalah kemiskinan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sedangkan metode yang digunakan adalah Studi Kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua balita sebagian besar tidak mengetahui kalau masih berada dalam kondisi pola pengasuhan yang kurang tepat, baik dalam pola asuh pemberian makan, maupun pola asuh perawatan kesehatan dan hygiene sanitasi serta lingkungan rumah yang kurang mendukung, sedangkan untuk kepedulian keluarga miskin terhadap kesehatan masih sangat rendah, kurangnya keluarga miskin dalam memanfaatkan fasilitas kesehatan yang ada. Persepsi keluarga miskin terhadap bantuan penganggulangan masalah gizi adalah positif. Mereka beranggapan bahwa bantuan tersebut bermanfaat sekali dalam menunjang perekonomian keluarga dan juga dapat meningkatkan status gizi anak mereka, serta dengan adanya kegiatan pendampingan tersebut mereka merasakan manfaatnya karena mereka merasa diperhatikan setiap bulannya untuk mengontrol kesehatan anaknya.

Keywords


Persepsi; Masyarakat Miskin; Pelayanan Kesehatan; Gizi; Puskesmas

Full Text:

PDF

References


Depkes RI, 2004. Keputusan Menteri Kesehatan nomor : 1457/Menkes/SK/X/2003, tentang Pedoman Penetapan Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan di Kabupaten/Kota.

Dinkes Provinsi Jatim, 2010, Profil Dinas Kesehatan Tahun 2010.

Depkes RI, 2004. Keputusan Menteri Kesehatan nomor : 1457/Menkes/SK/X/2003, tentang Pedoman Penetapan Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan di Kabupaten/Kota.

Supariasa I Dewa, 2002, Penilaian Status Gizi, Jakarta, EGC.

Anonimous, 2009, RPJMD Provinsi Jawa Timur 2009-2014 “Makmur bersama wong cilik melalui APBD untuk rakyat” Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Anonimous, 2009, RPJMD Provinsi Jawa Timur 2009-2014 “Makmur bersama wong cilik melalui APBD untuk rakyat” Pemerintah Provinsi Jawa Timur. (hal – 105)

Anonimous, 2009, RPJMD Provinsi Jawa Timur 2009-2014 “Makmur bersama wong cilik melalui APBD untuk rakyat” Pemerintah Provinsi Jawa Timur. (hal – 106)

Anonimous, 2009, RPJMD Provinsi Jawa Timur 2009-2014 “Makmur bersama wong cilik melalui APBD untuk rakyat” Pemerintah Provinsi Jawa Timur. (hal – 107)

Azwar Asrul, 1980, Pengantar Administrasi Kesehatan . Edisi 2. (Jakarta:PT. Binapura Aksara,1980).

Wasono Agung dkk, 2013, Ketidakadilan, Kesenjangan, dan Ketimpangan: Jalan Panjang Menuju Pembangunan Berkelanjutan Pasca-2015, PERPUSTAKAAN NASIONAL. Katalog Dalam Terbitan (KDT), Kemitraan, Jakarta, Cetakan pertama, Maret 2013.

Undang-Undang No 36/2009 pengganti Undang-Undang No. 23/1992 tentang Kesehatan.

Dinkes Kota Surabaya, 2011 Laporan Tahunan Seksi Gizi Tahun 2011.

Ritzer, George. 1985. Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Jakarta : C.V. Rajawali.

Yulianti, Yoni, 2012. Analisis Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan di Kota Solok. Artikel. Universiatas Andalas. Padang.

Ritzer, George. 1985. Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Jakarta : C.V. Rajawali. (hal. 45).

Firmansyah, saca. 2009. Partisipasi Masyarakat.

http://sacafirmansyah.wordpress.com/2009/06/05/partisipasi-masyarakat/. Diakses pada 29 November 2014.




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v9i2.3375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Haris Fariadi, Sanggar Kanto, Mardiyono Mardiyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: