Partisipasi Perempuan dalam Penanggulangan Kemiskinan pada Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan di Kabupaten Pasuruan (Studi Kasus Di Desa Gajahbendo, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan)

M Hery Amrizal, Darsono Wisadirana, Sanggar Kanto

Abstract


Salah satu program pengentasan kemiskinan yang dilakukan oleh pemerintah yaitu dengan dilaksanakannya suatu Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat – Mandiri Perkotaan .Tujuan penelitian ini adalah untuk  mendeskripsikandan menganalisa bentuk partisipasi perempuan dalam PNPM-MP, menganalisa faktor pendorong dan penghambat yang mempengaruhi partisipasi perempuan, dan untuk menganalisa implikasi partisipasi perempuan terhadap peningkatan kapabilitas perempuan dalam PNPM-MP. Teori teknik longwe yang digunakan sebagai alat analisis proses pemampuan perempuan, tetapi tujuanya adalah untuk memahami lima butir kriteria analisis yaitu dimensi kesejahteraan, dimensi akses, dimensi penyadaran, dimensi partisipasi aktif, dan dimensi penguasaan / control. Metode penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi perempuan di  dalam PNPM-MP di Desa Gajahbendo Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan sudah terimplementasikan dalam siklus kegiatan pemberdayaan di PNPM-MP, ditemukannya berbagai macam faktor pendorong dan faktor penghambat baik faktor internal maupun faktor eksternal, serta implikasi partisipasi perempuan terhadap peningkatan kapabilitas perempuan adalah perempuan aktif dalam pembangunan dengan perannya sebagai subyek pembangunan.

Keywords


PNPM – MP; Partisipasi; Pemberdayaan; Kemiskinan

Full Text:

PDF

References


Parwoto, 1997 Pembangunan Partisipatif Makalah Pada Lokakarya Penerapan Strategi Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pembangunan. Jakarta : BKAN

Basrowi, 2011 Pemberdayaan Masyarakat Tertinggal , Laporan untuk masyarakat tertinggal

Fakih, Mansour.2004, Analisis Gender dan Transformasi Sosial, Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Sumodiningrat, Gunawan, 1996 Pembangunan Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat Jakarta : PT Bina Rena Pariwara.

Soenyono, 2012 Sosiologi Pemberdayaan Masyarakat ( Community Empowerment ) Surabaya : Jenggala Pustaka Utama

Tim Pengendali PNPM Mandiri 2007. Pedoman Umum Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Jakarta : Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kemenkokesra)

Modul PNPM Mandiri Perkotaan 2012

Modul PNPM Mandiri Perkotaan 2012

Fasilitator PNPM Mandiri Perkotaan Kec Beji

Pedoman Pelaksanaan PNPM Mandiri Perkotaan, Jakarta : Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Cipta Karya Tahun 2013.

Moleong, Lexy 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung Rosdakarya.

Mulyana, Deddy, 2003, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung Rosdakarya.

Hikmat, Harry 2001, Strategi Pemberdayaan Masyarakat, Bandung : Humaniora Utama Press

Suparjan dan Hempri Suyatno, 2003. Pengembangan Masyarakat Dari Pembangunan Sampai Pemberdayaan, Yogyakarta : Aditya Media.

Rinawati, Arini, 2010 Pemberdayaan Perempuan Dalam Tridaya Pembangunan Melalui Pendekatan Komunikasi Antar Pribadi, Prosiding, Edisi Sosial.




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v9i2.3373

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 M Hery Amrizal, Darsono Wisadirana, Sanggar Kanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: