Berpikir Intuitif Siswa Sekolah Dasar dalam Menumbuhkan Tindak Berpikir Kreati

Indah Setyo Wardhani

Abstract


Menyelesaikan permasalahan dalam matematika, dapat memunculkan ide, waktu dan strategi penyelesaian yang berbeda dari siswa. Ada siswa yang dapat memunculkan ide dan strategi penyelesaian secara langsung (directly) pada saat membaca soal. Ada pula siswa yang membutuhkan media, langkah-langkah formal atau jembatan berpikir dalam menentukan solusi penyelesaian. Tindakan siswa dalam memahami dan menemukan strategi yang tepat dan cepat dalam menyelesaikan masalah tersebut merupakan aktifitas mental yang ditopang oleh kecakapan berpikir kreatif. Berpikir kreatif merupakan sebuah kebiasaan dari pikiran yang dilatih dengan memerhatikan intuisi, menghidupkan imajinasi, mengungkapkan kemungkinan-kemungkinan baru, membuka sudut pandang, dan membangkitkan ide-ide yang tak terduga. Intuisi berperan disaat seseorang harus memilih dan mengambil keputusan secara kreatif. Kecakapan intuitif muncul secara spontan, bersifat segera (immediate), global atau mungkin muncul secara tiba-tiba (sudently) dan tidak diketahui dari mana asalnya. Tindak berfikir kreatif yang ditopang oleh kecakapan informal (berpikir intuitif) dalam menyelesaikan permasalahan matematika sangat membantu siswa dalam menentukan solusi yang tepat

Keywords


Intuisi; Berifikir Kreatif

Full Text:

PDF

References


Dreyfus T. & Eisenberg T (1982). Intuitive functional concepts: a Baseline Study on Intuitions. Journal for Research in Mathematical Educational, 6,2 18-24

Fischbein, E. 1983. Intuition and Analytical Thinking in Mathematics Education, International Reviews on Mathematical Education, V.15, N.2., p.68-74.

Fischbein, E. (1987). Intuition in Science and Mathematics. Dordrecht:Reidel

Hasanah, Aan. 2011. Berpikir Intuitif (Intuisi) Siswa Sekolah Menengah Atas (Sma) Dalam Mengembangkan Berpikir Kreatif. Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi: Bandung

Johnson, Elaine B. (2002). Contextual Teaching and Learning: What it is and why it‟s here to stay.

Thousand Oaks: Corwin Press,Inc

Klein, G. 2002, The Power of Intuition: Mendayagunakan Intuisi untuk Meningkatkan Kualitas Keputusan di Tempat Kerja: PT. Bhuana Ilmu Populer. Gramedia Jakarta.

Kustos, P. N. (2010). Trens concerning four misconception in student’s intuitively-based probabilistic reasoning sourced in the heuristic of representativeness. Diperoleh dari http://udini.proquest.com/view/trends-concerning- four.

Mann, Eric Louis, 2005, Mathematical Creativity and School Mathematics: Indicators of Mathematical Creativity in Middle School Students. A Dissertation of Doctor of Philosophy at the University of Connecticut.

Muniri, 2013, Karakteristik Berfikir Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika, Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY tanggal 9 November 2013: Yogyakarta

National Council of Teacher of Mathematics, 2000, Principles and Standarts for School Mathematics, Reaston , VA: NCTM, [Online]. Tersedia:http://www.usi.edu/science/math/sallyk/Standards/document/chapter6/conn.htm. [5 Januari 2013]

Polya, G. 1980 Mathematical Discovery: On Understanding, Learning, & Teaching Problem Solving; john wiley & sons new York.

Skemp, R. R. (1982). The psychology of learning mathematics. Harmonsworth: Pinguin Books Ltd.

Siswono, Tatag Y.E. 2008. Penjenjangan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Identifikasi Tahap Berpikir Kreatif Peserta didik dalam Memecahkan dan Mengajukan Masalah Matematika.Jurnal Pendidikan Matematika “Mathedu”. ISSN 1858-344X, Volume 3 Nomer 1 Januari 2008, hal. 41-52

Siswono, Tatang Yuli Eko, 2013, Pembelajaran matematika yang menumbuhkan tindak pikir kreatif, Seminar Nasional tanggal 11 Maret 2013: Semarang

Munandar, U. (1999), Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v9i2.3371

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Indah Setyo Wardhani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: