Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia Sebagai Pendukung Pengembangan Bisnis Cv Kajeye Food

Andhika Kharismawan, Dwi Ratna Hidayati

Abstract


Peranan sumber daya manusia dalam bisnis adalah sebagai alat penggerak internal perusahaan yang memanfaatkan seluruh fasilitas dalam perusahaan untuk mencapai tujuan. Sumber daya manusia yang baik akan dapat mencapai hasil yang maksimal apabila di kelola dengan cara yang terencana, terorganisir, terkendali, terawasi dan didukung ketepatan dalam memotivasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen sumber daya manusia di CV kajeye Food Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif melalui olahan data yang diperoleh dari in depth interview dengan karyawan maupun pemilik perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen Sumber daya manusia terkait pengembangan bisnis perusahaan berjalan baik dalam mendukung bisnis CV kajeye dengan pengelolaan yang sudah terstruktur. Direktur memegang kepemimpinan secara langsung sehingga gap informasi antara atasan dan bawahan sangat kecil. Karyawan senior memegang peranan atas regenerasi skill terhadap karyawan baru. Penerapan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian, pengawasan, pengembangan dan pelatihan, seleksi dan proses serta kompensasi sudah terpenuhi meskipun terdapat kelemahan seperti dalam perencanaan tenaga kerja yang menggunakan sistem rekrutmen pasif. Perusahaan juga menyediakan fasilitas yang dibutuhkan karyawan dalam operasional bisnis seperti musholla, kantin, kendaraan operasional, P3K dan perlengkapan sdm selama operasional.

Keywords


Sumber daya manusia; pengembangan bisnis; CV Kajeye Food

Full Text:

PDF

References


Rochaeni, Atik. (2008). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Era Kompetisi. Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi. Vol.6. No 12.

Hasibuan, Malayu . (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara: Jakarta.

Hasibuan, Malayu . (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi.

Bumi Aksara: Jakarta Suharyanto dan hadna (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Media Wacana:Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v9i2.3369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Andhika Kharismawan, Dwi Ratna Hidayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: