Analisis Independent Study Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa Non-English Departmen

Misnadin dan Sriyono

Abstract


Artikel ini berusaha mengungkapkan ketertarikan dalam bahasa Inggris di dalam hal analisis Independent Study (Belajar Mandiri) di dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mahasiswa jurusan selain jurusan bahasa Inggris (non-English Department). Aspek-aspek yang dikaji meliputi kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh para mahasiswa di dalam kegiatan belajar mandiri dan kemampuan yang dicapai melalui kegiatan independent study. Penelitian ini menggunakan rancangan kuantitatif dan instrumen yang digunakan di dalam menggumpulkan data adalah kuesioner dan tes. Analisis data meliputi persiapan, tabulasi, implementasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan independent study yang dilakukan oleh mahasiswa non-English department adalah membaca Koran dan majalah berbahasa Inggris, mendengarkan dan mengikuti program bahasa Inggris di radio, video, dsb., dan memanfaatkan laboratorium bahasa, perpustakaan, dan self access centre (SAC) dan kemampuan bahasa Inggris mereka menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan.

Keywords


independent study, kemampuan bahasa Inggris, mahasiswa non-English department

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta

----------- 2004. Hasil Evaluasi Diri Nilai Bahasa Inggris Mahasiswa Unijoyo. Laporan. Madura: Unijoyo

Nurul Muthmainnah. 2006. Pemanfaatan SAC (Self Access Centre). Malang: UNM.

Sheerin, Susan. 1990. Self-Access. Oxford: Oxford University Press




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v6i1.3086

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Misnadin dan Sriyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: