Analisis Independent Study Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa Non-English Departmen
Abstract
Artikel ini berusaha mengungkapkan ketertarikan dalam bahasa Inggris di dalam hal analisis Independent Study (Belajar Mandiri) di dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mahasiswa jurusan selain jurusan bahasa Inggris (non-English Department). Aspek-aspek yang dikaji meliputi kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh para mahasiswa di dalam kegiatan belajar mandiri dan kemampuan yang dicapai melalui kegiatan independent study. Penelitian ini menggunakan rancangan kuantitatif dan instrumen yang digunakan di dalam menggumpulkan data adalah kuesioner dan tes. Analisis data meliputi persiapan, tabulasi, implementasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan independent study yang dilakukan oleh mahasiswa non-English department adalah membaca Koran dan majalah berbahasa Inggris, mendengarkan dan mengikuti program bahasa Inggris di radio, video, dsb., dan memanfaatkan laboratorium bahasa, perpustakaan, dan self access centre (SAC) dan kemampuan bahasa Inggris mereka menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan.
Keywords
independent study, kemampuan bahasa Inggris, mahasiswa non-English department
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsini. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta
----------- 2004. Hasil Evaluasi Diri Nilai Bahasa Inggris Mahasiswa Unijoyo. Laporan. Madura: Unijoyo
Nurul Muthmainnah. 2006. Pemanfaatan SAC (Self Access Centre). Malang: UNM.
Sheerin, Susan. 1990. Self-Access. Oxford: Oxford University Press
DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v6i1.3086
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Misnadin dan Sriyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Terindeks oleh: