Model Training Needs Analysis Untuk Membentuk Perilaku Inovatif SDM Industri Kecil Sepatu Di Jawa Timur

Anita Kristina

Abstract


Perluasan pasar dan inovasi produk menjadi tuntutan dalam dunia industry, sehingga industry membutuhkan skill yang lebih baik khususnya pada tingkatan produksi sebagai upaya meningkatkan kinerja dan pemahaman terhadap produk baru. Tujuan dari penelitian ini adalah menyusun model kebutuhan pelatihan yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi kebutuhan pelatihan dan digunakan untuk memperbaiki kesenjangan kebutuhan skill dan skill yang ada untuk perbaikan kinerja inovatif, dilakukan di industry kecil sepatu. Kebutuhan ini sangat penting karena akan didapatkan defisiensi inovasi yang dapat diperbaiki melalui sebuah pelatihan. Hasil penelitian mengidikasikan bahwa kesenjangan skill menjadi hal dasar pemicu permasalahan dan menjadi permasalahan inti yang harus diselesaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep model yang terbentuk adalah konsep input, proses dan output. Hasil pengembangan model pelatihan adalah kebutuhan pelatihan dan kebutuhan non pelatihan

Keywords


Model, Analisis Kebutuhan Pelatihan, Skill Inovasi

Full Text:

PDF

References


Abouzeedan, A., and M. Busler, 2004. Typology analysis of performance models of small and medium-size enterprises (SMES). Journal of International Enterpreneurship.

Allen, N.J., & J.P. Meyer, 1990. The measurement and antecedent of affective, continuance, and normative commitment to the organization. Journal of Occupational Psychology.

Beal, R.M., 2000. Competing effectively: environmental scanning, competitive strategy, and organizational performance in small manufacturing firms. Journal of Small Business Management.

Blau, G.J., 1987. Using a person-environment fit model to predict job involvement and organizational commitment. Journal of Vocational Behavior.

Cushway B. 1994. Human Resources Management: Planning, Analysis, Performance & Reward, Kogan Page Ltd. UK.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Jawa Timur, 2002. Laporan Identifikasi Potensi Sentra Industri kecil Sepatu. Proyek Peningkatan dan Pengembangan Usaha, Kualitas SDM dan Penguatan Struktur Industri, Seksi Penataan Kawasan Industri Sub Dinas Bina Usaha.




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v6i1.3084

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Anita Kristina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: