Media Massa, Pencitraan dan Politik Identitas (Analisis Tekstual Iklan Axe Versi Asmirandah)
Abstract
Pesatnya perkembangan media massa khususnya televisi ikut berpengaruh terhadap jumlah iklan yang ditayangkan. Iklan mempunyai efek besar salah satunya adalah pembentukan citra serta identitas. Identitas di masa sekarang tidak lagi ditentukan oleh kelompok (peer group), tetapi ditentukan oleh media massa termasuk tayangan iklan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana politik identitas dalam iklan Axe versi Asmirandah. Metode yang digunakan adalah isi yaitu analisis tekstual. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa identitas yang digambarkan adalah gaya hidup modern yaitu gaya hidup pria modern yang senantiasa menciptakan inovasi dan trendsetter serta superioritas laki-laki terhadap perempuan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Barker, Chris. (2008) Cultural Studies: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Kreasi Wacana
Kurniasari, Netty Dyah. (2010) Gambaran Politisi Perempuan dalam Arena Politik Indonesia. Tesis: Surabaya
Piliang, Yasraf Amir. Dunia yang Dilipat: Tamasya Melampaui Batas-batas Kebudayaan. Yogyakarta: Jalasutra.
Rahayu, Titik Puji. Politik Identitas Anak-anak dalam Iklan Anak-Anak. Surabaya.
Sunarto, Kamanto. (2000) Pengantar Sosiologi.
Jakarta: Lembaga Penerbit FE UI.
Wardhani, Annisa Eka. Representasi Relasi Gender dalam Majalah Perempuan Transnasional- Analisis Tekstual terhadap Artikel-Artikel Rubrik Feature Majalah Cosmopolitan-Edisi Indonesia Edisi Juli 2000–Juli 2001. Surabaya.
Zamzamy, Ahmad dan Netty Dyah K. (2009) Media, Seks dan Multikulturalisme.Tugas Akhir Studi Media dan Komunikasi: Surabaya
Kompas.com wikipedia.com
DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v4i2.2459
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Ahmad Zamzamy, Netty Dyah K
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.