Peningkatan Pemahaman Mahasiswa terhadap Matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan dengan Metode Peta Konsep (Studi Kasus di Universitas Trunojoyo)
Abstract
Kesulitan mahasiswa dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan sang dosen tidak sepenuhnya menjadi kesalahan mahasiswa. Para dosen harus mengintrospeksi diri bahwa apakah sudah tepat model pembelajaran yang dilaksanakannya. Kesalahan-kesalahan tersebut, tidak dapat diindikasikan bahwa mereka tidak belajar sebelumnya. Berkaitan dengan hal tersebut diperlukan model pembelajaran yang berbasis pada mahasiswa dengan tujuan menguatkan pemahaman mahasiswa. Begitu halnya dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Universitas Trunojoyo. Salah satu alternatifnya dengan menggunakan model Peta Konsep yang diyakini mampu menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
De Potter, Bobby. (1999) Quantum Learning. Bandung: Kaifa.
De Potter, Bobby dan Hernacky. (2000) Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.
Pink, Daniel H. (2009) Misteri Otak Kanan Manusia.
Jogjakarta: Think.
Singarimbun, M. dan S. Effendi. (1987) Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES
Suparlan, dkk. (2009) PAKEM: Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Bandung: Genesindo.
DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v4i2.2456
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Muhammad Busyro Karim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.