Pengaruh Metode Hypnoquantum Teaching terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa

Netty Herawati

Abstract


Pembelajaran hypnoquantum adalah sebuah modifikasi pembelajaran bagi mahasiswa untuk mendapatkan motivasi dalam belajar. Model ini merupakan kolaborasi dari pembelajaran quantum dan hypnosis. Motivasi pembelajaran menjadi hal yang paling penting terhadap suksesnya proses pembelajaran dalam kelas. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan teknik quota sampling. Untuk menganalisis statistik, digunakan tes t sampel. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa psikologi Universitas Trunojoyo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar mahasiswa meningkat setelah diberikan eksperimen. Pembelajaran model hypnoquantum dapat digunakan sebagai referensi model pembelajaran.

Keywords


motivasi belajar; pembelajaran hypnoquantum

Full Text:

PDF

References


Herawati, N. (2007) Upaya meningkatkan motivasi belajar melalui pendekatan individual dan support therapy pada mahasiswa universitas trunojoyo. Jurnal Pamator, Volume 4 nomor 1, Januari.

Latipun. (2004) Psikologi Eksperimen. Ed 2. Malang: UMM Press.

Muhajir, Noeng. (1998) Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Purwanto, M. Ngalem. (1990) Psikologi Pendidikan.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Poerwandari, E. Kristi. (2001) Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) UI.

Sardiman, AM. (2001) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Wlodkowski RJ, and Jaynes JH. (2004) Motivasi Belajar. Jakarta: Cerdas Pustaka.

http://www.jurnalnet.com/konten.php?nama=BeritaU tama&topik=2&id=1538

http://www.AnneAhira.com

h t t p : / / o n e . i n d o s k r i p s i . c o m / j u d u l - s k r i p s i - t u g a s -

makalah/ilmu-logika/pendekatan-quantum- teaching

http://kihariyadi.jogja.bloghi.com/2005/05/25/metode- quantum-teaching.html

h t t p : / / w w w . q u a n t u m - h y p n o s i s . c o m / i n d e x . php?pid=faq

http://trainersclub.or.id/index.php?option=com_conte nt&task=view&id=17&Itemid=59

http://meetabied.wordpress.com/2009/10/30/quantum- teaching-sebagai-strategi-belajar-mengajar/

http://www.forumsains.com/pendidikan/kemajuan- pendidikan-tinggi-indonesia-sebuah-mimpi/




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v4i1.2443

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Netty Herawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: