Perilaku Seksual Mahasiswa Universitas Islam Indonesia Ditinjau dari Perspektif Gender

Mila Karmila Adi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri secara empiris perilaku seksual mahasiswa berdasarkan perspektif gender. Sampel yang diambil adalah mahasiswa Universitas Islam Indonesia Yogyakarta yang berjumlah 441 responden terdiri dari 194 laki-laki dan 247 perempuan di mana penarikan sampel menggunakan metode purposive random sampling. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner dan wawancara mendalam. Temuan penelitian dianalisis secara deskriptif, inferensial, dan kualitatif. Hasil analisis deskriptif menemukan bahwa mayoritas mahasiswa sudah memiliki perspektif gender positif, terlihat dari nilai mean variabel perspektif gender di atas 2.5. Sebanyak 388 responden atau 88% mempunyai tanggapan positif terhadap variabel perspektif gender. Analisis inferensial dengan menggunakan chi squre test independency menghasilkan temuan antara lain terdapat perbedaan perspektif gender mahasiswa laki-laki dan perempuan, terdapat perbedaan perilaku seksual yang signifikan berdasarkan jenis kelamin, dan terdapat perbedaan perilaku seksual berdasarkan perspektif gender mahasiswa. Indepth interview menyimpulkan bahwa laki-laki dan perempuan memiliki perspektif gender yang berbeda. Responden laki-laki masih beranggapan bahwa gender adalah seks atau jenis kelamin. Berbagai gender stereotiping yang melekat pada laki-laki dan perempuan masih diyakini dengan sangat kuat sebagai kodrat. Di lain pihak, responden perempuan memiliki pemahaman gender secara lebih baik, yaitu responden meyakini bahwa tidak ada pembagian kerja berbasis gender yang sangat kaku.


Keywords


gender; mahasiswa; perilaku seksual

Full Text:

PDF

References


Brannon, Linda. (2005) Gender, Psychological Perspectives. 4th edition. Boston: Pearson Education, Inc.

Machfoedz, Ircham. (2005) Pendidikan Promosi Bagian dari Promosi Kesehatan. Jakarta: Fitramaya.

Notoadmodjo, S. (2007) Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

Samsunuwiyati. (2006) Perilaku Manusia. Bandung: PT Refika Aditama.

Sasongko, Sri Sundari. (2009) “Konsep dan Teori gender”. Modul 2. Jakarta: BKKBN.

Tanpa pengarang. (2003) Buku Sumber Untuk Advokasi: Keluarga Berencana, Kesehatan Reproduksi, Gender, dan Pembangunan Kependudukan. Jakarta: BKKBN.

Suryoputro dkk. (2009). Faktor-faktor yang Memengaruhi Perilaku Seksual Remaja di Jawa Tengah: Implikasi Terhadap dan Layanan Kesehatan Seksual dan Reproduksi, Makara Kesehatan, Vol. 10, No. 1, Juni 2006: 29��40.

(Diakses tanggal 28 Desember 2009). journal. ui.ac.id/?hal=detailArtikel&q=65.




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v4i1.2437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Mila Karmila Adi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: