Variabilitas Usaha Rumah Tangga Pertanian (Studi Kasus di Desa Ra’as Kecamatan Klampis)

Aminah Happy M. Ariyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui indeks keberagaman usaha rumah tangga, menganalisis hubungan keeratan antara karakteristik rumah tangga dengan tingkat keberagaman usaha rumah tangga dan melihat melihat keeratan antara tingkat keberagaman usaha rumah tangga dengan tingkat kemiskinan rumah tangga. Penelitian ini dilakukan secara purposive di Desa Raas Kecamatan Klampis dengan pertimbangan desa ini merupakan desa miskin yang memperoleh program gardu taskin 2005. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabilitas usaha dalam rumah tangga masih rendah dengan rerata indeks entropy sebesar 0,684. Sementara analisis korelasi menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara umur, pendidikan, luas lahan dan jumlah anggota rumah tangga. Sedangkan kemiskinan menunjukkan korelasi yang signifikan terhadap variabilitas usaha dalam rumah tangga.


Keywords


variabilitas usaha; indeks entropy

Full Text:

PDF

References


Hamzah. (2003) Prospek Pemanfaatan Lahan Kering dalam Rangka Mendukung Ketahanan Pangan Nasional, Makalah Pengantar Falsafah Sains (PPS702), Program Pascasarjana/S3, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Rasahan, C.A. dan M. Syukur. (1989) Kontribusi Sektor Pertanian menuju Struktur Pendapatan Berimbang d i Pedesaan , P r o s i d i n g Patanas: Perkembangan Struktur Produksi, Ketenagakerjaan dan Pendapatan Rumah Tangga Pedesaan, Pasandaran, E., dkk. (editor), Pusat Penelitian Agro Ekonomi, Bogor.

Saliem, HP., Sumaryanto, Gatoet SH., Henny Mayrowani, Tri Bastuti, Deri Hidayat dan Yuni Marisa. (2005) Analisis Diversifikasi Usaha Rumah Tangga dalam Mendukung Ketahanan Pangan dan Penanggulangan Kemiskinan, Pusat Analisis Sosek dan Kebijakan Pertanian, Bogor.

Susilowati, S.H., Supadi dan C. Saleh. (2002) Diversifikasi Sumber Pendapatan Rumah Tangga di Pedesaan Jawa Barat. Jurnal Agro Ekonomi, Vol. 20. No. 1. Puslitbang Sosek pertanian., Bogor.

Swastika Dewa K.S, Roos Ganda Elizabeth dan Juni Hestina. (2008) Makalah Seminar Dinamika Pembangunan Perdesaan: Tantangan dan Peluang bagi Kesejahteraan Petani, Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian, Bogor.

Theil, H and Finke. (1983) The Consumer’s Demand for Diversity, Eur. Econ, Review 23.




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v3i2.2420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Aminah Happy M. Ariyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: