Konsep Pertanggungjawaban Perbuatan Pemerintahan sebagai Sarana Mewujudkan Good Governance di Indonesia

Safi’ Safi’

Abstract


Tata pemerintahan yang baik merupakan amanat dari reformasi dan cita-cita dari sebuah negara bangsa. untuk mewujudkan good governance perlu untuk mengontrol mekanisme pemerintahan. mekanisme kontrol yang mencakup mekanisme atau sistem dalam bentuk akuntabilitas publik dan akuntabilitas tindakan pemerintah. semua tindakan pemerintah harus dicatat sesuai dengan mekanisme hukum yang mengaturnya. dengan mekanisme akuntabilitas tindakan pemerintah diharapkan untuk memerintah sesuai dengan cita-cita proklamasi kemerdekaan seperti yang tertuang dalam preambule UUD 1945.

Keywords


pemerintahan yang baik; mekanisme kontrol; tanggung jawab pemerintah

Full Text:

PDF

References


Yusup, Warlan, Asep. (2002) Pemerintahan Berdasar Atas Hukum, Artikel.

Fathullah. (2000) Otonomi Daerah dan Penguatan Hukum Masyarakat Konsultan Hukum Otonomi Daerah, Jakarta: CIDES.

Harkrisnowo, Harkristuti. (2003) HAM Dalam Kerangka Integrasi Nasional dan Pembangunan Hukum, Jakarta: Komisi Hukum Nasional Republik Indonesia.

Iskatrinah. (2004) Pelaksanaan Fungsi Hukum Administrasi Negara dalam Mewujudkan Pemerintahan yang Baik, Litbang Pertahanan Indonesia, Balitbang Departemen Pertahanan.

Nugroho, Dwi, S. (2002) Problem Amandemen UUD 1945 dan Gagasan Dibentuknya Komisi Konstitusi, sebagaimana mengutip pendapat dari Slamet Effendi Yusuf dan Umar Basalim, Artikel.

Winahyu Erwiningsih, Peranan Hukum Dalam Pertanggungjawaban Perbuatan Pemerintahan, Jurnal Ilmu Hukum, Vol. 9, No. 2, FH UII Jogjakarta, 2007.

Wignjosoebroto, Soetandyo. (1995) Dari Hukum Kolonial ke Hukum Nasional – Dinamika Sosial Politik dalam Perkembangan Hukum di Indonesia, Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v3i2.2416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Safi’ Safi’

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: