Sensitivitas Gender Guru Sekolah Dasar (Mewujudkan Pendidikan Adil Gender dan Profesionalitas Guru di Kota Surakarta)

Siany Indria Liestyasari

Abstract


Artikel ini membahas isu hubungan guru utama dari sensitivitas gender untuk pendidikan adil gender di Surakarta. Sejak ratifikasi Konvensi merupakan kewajiban Negara untuk memberikan perlindungan bagi warga negara Indonesia, termasuk perempuan dalam semua aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Peran guru sebagai pendidik yang lebih penting dalam perwujudan pendidikan yang adil gender yang dimulai di sekolah. Penelitian ini dianggap bahwa pemahaman tentang konsep jender informan sangat bervariasi, tapi semua perbedaan antara pria dan wanita yang basisnya hanyalah sebuah konsep biologis. Bahkan, konsep ini adalah untuk memperkuat stereotip jender. Tetapi mereka harus melaksanakan pendidikan adil gender di dalam kelas, dengan pengertian bahwa sebagai seorang guru tidak berhak untuk membedakan antara anak laki-laki dan perempuan. Karena pemahaman konsep gender tidak lengkap, aplikasi pendidikan yang adil gender terbatas hanya pada masalah perlakuan yang sama antara anak laki-laki dan anak perempuan.


Keywords


sensitif gender; pendidikan; profesionalisme guru

Full Text:

PDF

References


Ismi, Dwi & Wahyuningsih, Dwi, Rutinah. (2007) Integrasi Pendidikan Adil Gender dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Surakarta: UNS Press.

Kementrian Pemberdayaan Perempuan RI. (2007)

Profil Perempuan dan Anak Indonesia.

Murtiningsih, Sri. (2005) “Alternatif Pendidikan Freireian: Jalan Keluar Penindasan terhadap Perempuan” dalam JURNALPEREMPUAN Vol.

Yaayyaassaann JJuurrnnaall Perempuan.

Rajab, Budi. (2004) “Pendidikan Sekolah dan Perubahan Kedudukan Perempuan” dalam JURNAL PEREMPUAN Vol. 34. Yayasan Jurnal Perempuan.

Suryadi, Ace. (2004) Kesetaraan Gender dalam Bidang Pendidikan. Bandung: Genesindo.




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v3i1.2402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Siany Indria Liestyasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: