MENYIBAK FENOMENA INSPEKTORAT KABUPATEN SAMPANG:MEMAHAMI PENGAWASAN DALAM PENGADAAN BARANG MILIK DAERAH

Mohamad Djasuli

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai eksistensi peran Inspektorat Kabupaten Sampang dalam pengawasan pengadaan barang milik daerah. Informan dalam penelitian ini adalah Ketua Seksi (Kasi) Pengawasan Pemerintah Bidang Pembangunan dari Inspektur Pembantu Wilayah I, II, III dan IV dan Substansi Bagian Perencanaan di Inspektorat Kabupaten Sampang. Data dikumpulkan dengan wawancara langsung dengan kelima informan dan dianalisa dengan pendekatan fenomenologi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peran Inspektorat Kabupaten Sampang sebagai APIP belum adanya koordinasi yang baik. Terlihat dengan jawaban mengenai pengawasan pengadaan barang miliki daerah yang dilakukan keempat informan berbeda-beda, padahal tupoksinya sama. Dalam pelaksanaannya tidak semua pengawasan pengadaan barang milik daerah dilakukan oleh APIP yang berkompeten, sehingga pengawasan yang dilakukan lebih terpaku kepada Kertas Kerja Pemeriksaan (KKP) yang sudah disediakan. Terdapat keambiguan antara tugas pengawasan dan pemeriksaan baik di Inspektorat Kabupaten Sampang ataupun penjelasan pengawasan di peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia lebih kearah penjelasan pemeriksaan. Serta belum sinkron antara dokumen yang ada di Inspektorat Kabupaten Sampang dengan peraturan perundang-undangan yang menjadi acuan dari Inspektorat dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.


Keywords


Peran; Inspektorat Kabupaten; Pengawasan; Pengadaan Barang Milik Daerah

Full Text:

PDF

References


Akbar, Feni Fartiana. 2012. Studi Fenomenologi Fraud Pengadaan Barang/Jasa (Mobil Dinas) Tahun 2007 Dalam Penerapan Sistem Pengendalian Internal (COSO) Di Pemerintah Daerah Kabupaten Sampang. Skripsi. Madura: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura.

Bungin, H.M.Burhan. 2009. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Edisi Pertama. Cetakan Ketiga. Jakarta: Kencana.

Fabanyo, Suryanti. 2011. Pelaksanaan Fungsi Pengawasan Di Inspektorat Daerah Kota Tidore Kepulauan. Skripsi. Makassar: Universitas Hasanudin.

Harwida, Gita Arasy.2011. Mengulik Peran Satuan Pengawas Intern (SPI) dalam Mencegah Fraud di Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta. Bangkalan: Universitas Trunojoyo Madura.

Hutasuhut, Ririn Yustari. 2012. Pentingnya Audit Internal dalam Mendeteksi Kecurangan (Fraud) pada Inspektorat Pemerintahan Propinsi Sumatera Utara dan Inspektorat Labuhan batu Utara. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Mokodampit Jefri, Achmad Ruslan dan Marthen Arie . 2011. Optimalisasi Fungsi Inspektorat Kota Ternate dalam Pengawasan Pengelolaan Keuangan Daerah di Kota Ternate. Jurnal

Moleong,Lexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cetakan Kedua puluh Delapan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Republik Indonesia. 2003. Keputusan Presiden Nomor 80 Tahun 2003 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Republik Indonesia. 2007. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 64 Tahun 2007 Tentang Pedoman Teknis Organisasi dan Tata Kerja Inspektorat Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Republik Indonesia. 2010. Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 51 Tahun 2010 Tentang Kebijakan Pengawasan Penyelenggaraan Daerah.

Republik Indonesia. 2008. Peraturan Daerah Kabupaten Sampang Nomor 17 Tahun 2008 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah.

Republik Indonesia. 2008. Peraturan Bupati Kabupaten Sampang Nomor 29 Tahun 2008 Tentang Tugas dan Fungsi Lembaga Teknis Daerah.

Republik Indonesia. 2010. Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Republik Indonesia. 2012. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 70 Tahun 2012 Tentang Uraian Kegiatan Pengawasan.

Republik Indonesia. 2012. Peraturan Presiden Nomor 70 Tahun 2012 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Saleh, Via Fitria. 2013. Analisis Yuridis Pelaksanaan Kewenangan Inspektorat Daerah Dalam Pengawasan Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Di Kota Makssar. Skripsi. Makassar: Universitas Hasanudin.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&B, Edisi Ke.11. Bandung:Alfabeta.

Tuanakotta, Theodorus M. 2010. Akuntansi Forensik dan Audit Investigatif. Jakarta:Salemba Empat.

YPIA, 2011. Paradigma Baru audit Internal.

Harwida,gita arasy dan carolina,anita.2013




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v8i1.2080

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Mohamad Djasuli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: