ANALISIS PENGARUH PENGALOKASIAN DANA PERIMBANGAN DAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DALAM BELANJA (STUDI KASUS PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN SUMENEP)

Ana Rohyana, Mohamad Djasuli, Nurhayati Nurhayati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengalokasian dana perimbangan dan PAD dalam belanja pada Pemerintahan Kabupaten Sumenep. Penelitian ini menggunkan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data primer, data ini diperoleh melalui interview. Data sekunder, data ini berupa dokumen-dokumen APBD, realisasi APBD, struktur pemerintah, sejarah kabupaten Sumenep dan data-data lain yang menjadi sumber pendukung dalam penelitian ini. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan teknik interview dan dokumentasi. Analisis permasalahan dilakukan berdasarkan data-data yang diperoleh dari Pemerintah Daerah kabupaten Sumenep yang kemudian dibandingkan dan dianalisa dengan literatur yang ada, lalu diuraikan secara rinci untuk mencari penyelesaiannya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1). mekanisme pengalokasian pendapatan yaitu dengan menggabung semua pendapatan daerah tersebut kemudian dialokasikan pada belanja yang telah ditetapkan. (2) Pengalokasian dana perimbangan dan pendapatan asli daerah (PAD) pemerintah kabupaten Sumenep lebih diprioritakan pada belanja pegawai. (3) Pemerintah kabupaten Sumenep selalu berusaha untuk mengoptimalkan PAD, hal ini bisa dilihat dari data laporan realisasi APBD kabupaten sumenep yang dalam akun pendapatannya selalu mengalami peningkatan dari 2009 sampai 2011.


Keywords


Alokasi Dana Perimbangan; Pendapatan Asli Daerah (PAD); Belanja Daerah

Full Text:

PDF

References


Bastian, Indra. 2006. Sistem Akuntansi Sektor Publik. Esidi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Bastian, Indra. 2003. SISTEM AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK Modul Untuk Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Ginting, Erwin. 2008. Pengalokasian Dana Alokasi Umum (DAU) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dalam Belanja Pada Pemerintahan Kabupaten Karo. Medan: Universitas Sumatera Utara Fakultas Ekonomi.

Halim, Abdul. 2008. Akuntansi Keuangan Daerah. Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

Halim, Abdul. 2004. Akuntansi Keuangan Daerah. Edisi Revisi. Yogyakarta : Unit Penerbit dan Percetakan (UPP) AMP YKPN.

Manik, Mery Yosepha. 2007. Pengalokasian Dana Alokasi Umum (DAU) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dalam Belanja Pada Pemerintahan Kabupaten Tapanuli Tengah. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Pemerintah Kabupaten Sumenep. 2009. Ringkasan APBD dan Laporan Realisasi APBD Tahun 2009. Sumenep.

Pemerintah Kabupaten Sumenep 2010. Ringkasan APBD dan Laporan Realisasi APBD Tahun 2010. Sumenep.

Pemerintah Kabupaten Sumenep . 2011. Ringkasan APBD dan Laporan Realisasi APBD Tahun 2011. Sumenep.

Republik Indonesia. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2005 Tentang Dana Perimbangan. Jakarta.

Republik Indonesia. 2011. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 21 Tahun 2011 Tentang Perubahan Kedua Atas Pearturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah. Jakarta.

Republik Indonesia. 2007. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 59 Tahun 2007 Tentang Perubahan Atas Peraturan Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah. Jakarta.

Republik Indonesia.2009. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v8i1.2074

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Ana Rohyana, Mohamad Djasuli, Nurhayati Nurhayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: