The Influence Of Celebrity Endorsers And Electronic Word Of Mouth On Purchase Decision Trust On Lazada Marketplace Surabaya
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Angel, Vivian, and Moses Natadirja. 2021. ‘Effect of EWOM, Ease of Use, Trust on Purchase Decision (Case Study on Blibli.Com)’, Jurnal Manajemen, 12.3: 446–59
Dewi, Nency Silviana, and Ida Bagus Sudiksa. 2019. ‘Peran Kepercayaan Merek Memediasi Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian’, E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8.6: 3784–3813
Djamuddin, Lusmiati, and Dhani Ichsanuddin Nur. 2017. ‘Cosmopolitanism, Consumer Ethnocentrism, Dan Relatif Product Quality Terhadap Preferensi Konsumen Generasi Y Produk Pakaian Merek Zara Di Surabaya’, Jurnal Mebis (Manajemen Dan Bisnis), 2.2: 24–41
Firman, Ahmad, Gunawan Bata Ilyas, Heru Kreshna Reza, Setyani Dwi Lestari, and Aditya Halim Perdana Kusuma Putra. 2021. ‘The Mediating Role of Customer Trust on the Relationships of Celebrity Endorsement and E-WOM to Instagram Purchase Intention’, Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 8.1: 107–26
Hakim, A., M. Simanjuntak, and N. Hasanah. 2021. ‘Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Di Instagram: Peran Trust Sebagai Variabel Mediator’, Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 14.3: 296–309
Handi, Handi, Tonny Hendratono, Edi Purwanto, and John J.O.I. Ihalauw. 2018. ‘The Effect of E-WOM and Perceived Value on the Purchase Decision of Foods by Using the Go-Food Application as Mediated by Trust’, Quality Innovation Prosperity, 22.2: 112–27
Hаekаl, Muhаmmаd Erlаndy, Suhаryоnо, and Edy Yuliyаntо. 2016. ‘Pengaruh Electoronic Word of Mouth Terhadap Kepercayaan Dan Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Produk Fashion Followers Аkun Instagram Erigostore)’, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 40.2: 162–68
Kurniawati, Endang. 2022. ‘Pengaruh Kepercayaan Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Lazada.Co.Id Di Kota Semarang)’, Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 20.1: 59–70
Larasati, Intan, and Arief Riva’i. 2022. ‘Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Pada Geprek Bensu Cabang Pekanbaru’, Jurnal Administrasi Bisnis, Manajemen Dan Ekonomi, 8.1: 36–52
Lestari, Mulianda, and Wahyono. 2021. ‘The Influence of Celebrity Endorser and Online Promotion on Purchase Decision Through Brand Image’, Management Analysis Journal, 10.2: 198–211
Meida, Faradilah, Miguna Astuti, and Heni Nastiti. 2021. ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan E-Commerce Sociolla Di Era Pandemic Covid-19’, Jurnal Ikraith-Ekonomika, 2.5: 157–66 [accessed 28 September 2022]
Nur, Desy S., and Ade Octavia. 2022. ‘Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Mediasi Pada Marketplace Shopee Di Kota Jambi’, Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan (Mankeu), 11.2: 387–99
Pratama Putra, Denny, Lia Suprihartini, and Roni Kurniawan. 2021. ‘Celebrity Endorser, Online Customer Review, Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening Pada Marketplace Tokopedia’, Bahtera Inovasi, 5.1: 57–65
Pudyaningsih, A. Ratna, Waladi Imaduddin, Eva Mufidah, and Esthi Putri Ardiyanti. 2022. ‘Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Mediasi’, Jurnal EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi), 7.1: 63–72
Purwanto, Sugeng. 2017. ‘Perilaku Pembelian Produk Fashion Didasarkan Pada Kepercayaan Menggunakan Media Sosial’, Ekspektra: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 1.1: 55–67
Putri, Desak Putu Yudi Pratiwi Pangastiti, I Ketut Santra, and I Wayan Putrana. 2021. ‘Pengaruh Electronic Word of Mouth Dan Brand Image Terhadap Purchase Decision (Studi Pada Salah Satu Hotel Bintang 5 Di Bali)’, Jurnal Eksis, 17.1: 24–34 [accessed 28 September 2022]
Rahmawati, Ersa Aulia, Nurul Qomariah, and Yohanes Gunawan Wibowo. 2021. ‘Impact of Celebrity Endorser, E-Service Quality, and E-Word of Mouth on Product Purchasing Decisions at Online Shop BERAHAY.ID’, International Journal of Business and Management Invention (IJBMI), 10.5: 1–7
Rahmawati, Ismi, and Widayanto. 2021. ‘Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Trust (Studi Pada Pengguna Honda Vario Di Kawedanan Pedan Kabupaten Klaten)’, Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10.3: 1264–74
Rosita, Dewi, and Ivo Novitaningtyas. 2021. ‘Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Pada Konsumen Mahasiswa’, INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4.4: 494–505
Rusli, Cindy Arista, and M. Rachman Mulyandi. 2019. ‘Pengaruh Penggunaan Media Sosial, Electronic Word of Mouth (EWOM) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dan Dimediasi Oleh Kepercayaan’, in Seminar Dan Lokakarya Kualitatif Indonesia, pp. 149–58
Sanditya, Rizka. 2019. ‘Hubungan Celebrity Endorser Dengan Keputusan Pembelian Produk Pakaian Pada Konsumen Secara Online Di Media Sosial Instagram’, Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7.1: 100–104
Sanjaya, Steven, and Herlina Budiono. 2021. ‘Pengaruh Penggunaan Sosial Media Dan E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian Di Mediasi Kepercayaan’, Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3.4: 96–106
Sari, Novita, Muhammad Saputra, and Jamaluddin Husein. 2017. ‘Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Bukalapak.Com’, Jurnal Manajemen Magister, 03.01: 96–106 [accessed 28 September 2022]
ShipsApp. 2021. ‘Sejarah Pelabuhan Tanjung Perak’, ShipsApp [accessed 28 September 2022]
Sudirman, Acai, Efendi Efendi, and Sri Harini. 2020. ‘Kontribusi Harga Dan Kepercayaan Untuk Membentuk Kepuasan Pengguna Transportasi Berbasis Aplikasi’, Journal of Business and Banking, 9.2: 323–35
Sukarno, Gendut. 2018. ‘Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM Melalui Peran Lingkungan, Inovasi Produk Dan Kreatifitas Strategi Pemasaran’, EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 15.3: 332–51
Tamara, Annisa Nurul. 2021. ‘Pengaruh Brand Awareness Dan Celebrity Endorser Terhadap Kepercayaan Serta Dampaknya Pada Minat Beli Produk (Studi Ada Konsumen Madeenaa.Id)’, Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2.9: 1456–76
Utami, Anggi Tri, and Jeanne Ellyawati. 2021. ‘Peran Citra Merek, Celebrity Endorser, Kualitas Produk Dalam Keputusan Pembelian’, Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 22.1: 140–50
Vongurai, Rawin, Dinesh Elango, Kitti Phothikitti, and Usakorn Dhanasomboon. 2018. ‘Social Media Usage, Electronic Word of Mouth and Trust Influence Purchase-Decision Involvement in Using Traveling Services’, Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research, 6.4: 32–37 [accessed 28 September 2022]
Wibowo, Arief, Satiri Satiri, Poppy Ruliana, and Kresno Yulianto. 2021. ‘Komunikasi Word of Mouth Sebagai Penentu Keputusan Membeli Produk’, Jurnal Pewarta Indonesia, 3.2: 86–94
Wijaya, T, and Eristia Lidia Paramita. 2014. ‘Pengaruh Electronic Word Of Mouth (Ewom) Terhadap Keputusan Pembelian Kamera DSLR’, Seminar Nasional Dan Call for Paper (Sancall 2014): Research Methods And Organizational Studies: 12–19 [accessed 28 September 2022]
Yuliastuti, Luh Mega, and Gede Putu Agus Jana Susila. 2021. ‘Pengaruh Citra Merek Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Penggunaan Pada Marketplace Lazada Di Kabupaten Buleleng’, Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13.1: 22–30
Yuniningsih, Yuniningsih, Tri Kartika Pertiwi, and Eko Purwanto. 2019. ‘Fundamental Factor Of Financial Management In Determining Company Values’, Management Science Letters, 9.2: 205–16
DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v16i1.19059
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Fidela Mandasari, Eko Purwanto, Sugeng Purwanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.