Pengaruh Latar Belakang Ekonomi Keluarga Dan Biaya Pendidikan Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 1 Linggabayu

Ahmad Fadlan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan ada atau tidaknya pengaruh latar belakang ekonomi keluarga dan biaya pendidikan terhadap motivasi belajar peserta didik di SMAN 1 Linggabayu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai RHitung yaitu 0,537. Selanjutnya nilai ini dikonsultasikan dengan daftar tabel kritik product moment dengan jumlah sampel sebanyak 78 orang (N=78) dengan derajat kesalahan 5% maka RTabel = 0,227. Sesuai dengan ketentuan maka nilai RHitung lebih besar dari nilai RTabel (0,537 > 0,227). Dapat diartikan bahwa hipotesis penelitian ini dapat diterima kebenarannya (Ha diterima). Hasil tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh antara latar belakang ekonomi keluarga dan biaya pendidikan terhadap motivasi belajar para peserta didik di kelas X IPS SMA Negeri 1 Linggabayu.


Keywords


Ekonomi, Keluarga, Biaya, Pendidikan, Motivasi, Belaja

References


Anggita, Nanda Sekar, Yusmansyah, and Redi Eka Andriyanto, ‘Hubungan Antara Status Ekonomi Keluarga Dengan Motivasi Belajar Siswa Correlation Between Family Economic Status And Learning Motivation For Students’, Jurnal Bimbingan Konseling, 7.2 (2019)

Dewi, Anita Sunelvia, Puji Ariani, and Azimah Dianah, ‘Pengaruh Kondisi Ekonomi Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Pada Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri’, Ekonomi Dan Bisnis Syariah, 4.2 (2020), 33–35

Fury, Nurul Senja Wiraning, and Donna Okky Lesmana, ‘Pengaruh Kondisi Ekonomi Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas XI IPS SMA Negeri Kota Cirebon’, Jurnal Edueksos, VI.1 (2017), 21–38

Khairani, Nisa, Sumarno, and Riadi Armas, ‘Pengaruh Biaya Pendidikan dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Pekan Baru’, Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1.2 (2014), 1–10

Nurhidayati, Y., Natsir, N. F., & Norman, E, ‘Pengaruh Kondisi Ekonomi Keluarga dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas XII di SMK Teknomedika 2 Cibungbulang Bogor’, As-Syar ’ I : Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, I.2 (2020), 105–24

Riduwan, Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula, (2015), Bandung: Alfabeta.

Samrin, Samrin, Syahrul Syahrul, St. Fatimah Kadir, and Dewi Rafiul Lukluil Maknun, ‘Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi terhadap Motivasi Belajar Siswa’, Shautut Tarbiyah, 26.2 (2020), 250

Setiawan, Jaka, Riswan Djaenudin, and Siti Fatimah, ‘Pengaruh Biaya Pendidikan dan Fasiltas Pendididkan terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Peserta Didik SMA Bukit Asam Tanjung Enim’, Jurnal Provit, 2.2 (2015), 14–27

Triwiyanto, Teguh, Pengantar Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, (2014)

Wiranti, Gita, and Tri Astari, ‘Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga terhadap Motivasi Siswa Belajar Matematika pada Masa Covid-19’, Bina Gogik, 8.2 (2021), 110–17.

https://mandailingnatalkab.bps.go.id/indicator/156/228/1/pdrb-kabupaten-mandailing-natal-atas-dasar-harga-berlaku-menurut-pengeluaran.html. Diakses pada 4 April 2022 pukul 22.34 WIB.

https://mandailingnatalkab.bps.go.id/indicator/156/229/1/pdrb-kabupaten-mandailing-natal-atas-dasar-harga-konstan-2010-menurut-pengeluaran.html. Diakses pada 4 April 2022 pukul 22.34 WIB.




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v15i1.14064

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ahmad Fadlan S.E.,M.Si

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: