Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa SMP pada Materi Pemanasan Global
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amir, M. F., & Kusuma, M. D. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa Sekolah Dasar. Journal of Medives, 2(1), 117-128.
Arifin, Z. (2017). Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21. THEOREMS (The Original of Matematics), 1(2), 92–100.
Aswadi, R., Fadiawati, N., &Abdurrahman. Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa pada Pembelajaran Fisika Menggunakan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Terbimbing. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 43-54.
Firdaus, F., & Kailani L. (2015). Developing Critical Thinking Skills of Student in Mathematic Learning, Journal of Education and Learning, 9(3), 226-236.
Fitri, R. (2017). Metakognitif pada Proses Belajar Anak dalam Kajian Neurosains. Jurnal Pendidikan, 2(1), 56-64.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Susanto, E., & Retnawati, H. (2016). Perangkat Pembelajaran Matematika Bercirikan PBL untuk Mengembangkan HOTS Siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2). 189-197.
Lukitasari, M., Widiyanto, J., Yahya, Y. M., (2016). Penggunaan Analisis Kritis untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognitif pada Pokok Bahasan Pengelolaan Lingkungan Siswa. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 3(2), 25-31.
Mustaming, A., Cholik, M., & Nurlaela, L. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Memperbaiki Unit Kopling dan Komponen-Komponen Sistem Pengoperasiannya dengan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Otomotif SMK Negeri 2 Tarakan. Pendidikan Vokasi:Teori Dan Praktik, 3(01).
Rahmania, L., & Rahmawati A. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linier Satu Variabel. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 165-174.
Rismayanti, L., Winarso, W., Nurhayat, E. (2015). Pengaruh Kemampuan Metakognisi terhadap Hasil Belajar Matematika di SMP Negeri 2 Leuwimunding Kabupaten Majalengka. Nusantara of Research, 2(2), 133-147.
Wahdah, N. F., Jufri, A. W., & Zulkifli, L. (2016). Jurnal Belajar Sebagai Sarana Pengembangan Kemampuan Metakognisi Siswa. Jurnal Pijar MIPA, XI(1), 70-74.
Wiradintana, R. (2018). Revolusi Kognitif Melalui Penerapan Pembelajaran Teori Bruner dalam Menyempurnakan Pendekatan Prilaku (Behavioural Approuch). Jurnal Oikos, 2(1), 2549-2284.
Zamista, A. A., & Kaniawati, I. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran Fisika. EDUSAINS, 7(2), 191–201.
DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v4i3.9064
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.