Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa SMP pada Materi Pemanasan Global

Alfina Kamaliyah, Laila Khamsatul Muharrami, Mochammad Yasir, Wiwin Puspita Hadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat dan faktor yang mempengaruhi kemampuan metakognisi siswa SMP pada materi pemanasan global. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek yang digunakan sebanyak 7 siswa kelas VII di Parengan Maduran Lamongan. Instrumen yang digunakan adalah soal tes essay tentang materi pemanasan global dan lembar wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat 3 siswa memiliki kategori kemampuan metakognisi can not really (masih belum terlalu bisa) dan 4 siswa memiliki kemampuan metakognisi kategori at risk (beresiko). Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi kemampuan metakognisi adalah Faktor yang mempengaruhi kemampuan metakognisi adalah kesiapan belajar, motivasi belajar, tidak merencanakan strategi yang baik untuk digunakan dalam menyelesaikan soal, tidak menyadari kesalahan dalam memahami konsep, tidak melakukan evaluasi dengan baik.

References


Amir, M. F., & Kusuma, M. D. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa Sekolah Dasar. Journal of Medives, 2(1), 117-128.

Arifin, Z. (2017). Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21. THEOREMS (The Original of Matematics), 1(2), 92–100.

Aswadi, R., Fadiawati, N., &Abdurrahman. Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa pada Pembelajaran Fisika Menggunakan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Terbimbing. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 43-54.

Firdaus, F., & Kailani L. (2015). Developing Critical Thinking Skills of Student in Mathematic Learning, Journal of Education and Learning, 9(3), 226-236.

Fitri, R. (2017). Metakognitif pada Proses Belajar Anak dalam Kajian Neurosains. Jurnal Pendidikan, 2(1), 56-64.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susanto, E., & Retnawati, H. (2016). Perangkat Pembelajaran Matematika Bercirikan PBL untuk Mengembangkan HOTS Siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2). 189-197.

Lukitasari, M., Widiyanto, J., Yahya, Y. M., (2016). Penggunaan Analisis Kritis untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognitif pada Pokok Bahasan Pengelolaan Lingkungan Siswa. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 3(2), 25-31.

Mustaming, A., Cholik, M., & Nurlaela, L. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Memperbaiki Unit Kopling dan Komponen-Komponen Sistem Pengoperasiannya dengan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Otomotif SMK Negeri 2 Tarakan. Pendidikan Vokasi:Teori Dan Praktik, 3(01).

Rahmania, L., & Rahmawati A. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linier Satu Variabel. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 165-174.

Rismayanti, L., Winarso, W., Nurhayat, E. (2015). Pengaruh Kemampuan Metakognisi terhadap Hasil Belajar Matematika di SMP Negeri 2 Leuwimunding Kabupaten Majalengka. Nusantara of Research, 2(2), 133-147.

Wahdah, N. F., Jufri, A. W., & Zulkifli, L. (2016). Jurnal Belajar Sebagai Sarana Pengembangan Kemampuan Metakognisi Siswa. Jurnal Pijar MIPA, XI(1), 70-74.

Wiradintana, R. (2018). Revolusi Kognitif Melalui Penerapan Pembelajaran Teori Bruner dalam Menyempurnakan Pendekatan Prilaku (Behavioural Approuch). Jurnal Oikos, 2(1), 2549-2284.

Zamista, A. A., & Kaniawati, I. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran Fisika. EDUSAINS, 7(2), 191–201.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v4i3.9064

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.