HUBUNGAN ANTARA VALIDITAS ITEM DENGAN DAYA PEMBEDA DAN TINGKAT KESUKARAN SOAL PILIHAN GANDA PAS

Sri Nurhalimah, Yunin Hidayati, Irsad Rosidi, Wiwin Puspita Hadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan validitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran pada butir soal pilihan ganda PAS ganjil mata pelajaran IPA kelas VIII UPTD SMPN 5 Bangkalan tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian adalah peserta didik kelas VIII A, C, D, dan E UPTD SMPN 5 Bangkalan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa validitas item dan daya pembeda soal memiliki nilai yang sama besar. Sehingga menunjukkan adanya hubungan antara validas item dan daya pembeda soal, atau korelasi searah. Nilai indeks kesukaran yang besar tidak menunjukkan koefisien validitas item yang semakin besar sehingga tidak terjadi korelasi antara validitas item dengan indeks kesukaran, serta menunjukkan bahwa tidak adanya hubungan antara validitas item dengan tingkat kesukaran.


Keywords


Analisis Soal, Kualitas Soal, Soal PAS ganjil.

References


Amalia, R., Kurniaman, O., & Antosa, Z. (2017). Analisis Butir Soal Ujiab Akhir Semester dalam Penerapan Kurikulum 2013 di Kelas III SD Negeri 111 Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 1–10.

Amelia, M. A. (2017). Analisis Soal Tes Hasil Belajar High Order Thinking Skills (HOTs) Matematika Materi Pecahan Untuk Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian, 20(2), 123–131. Retrieved from http://e-journal.usd.ac.id/index.php/JP/article/viewFile/869/685

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rodaskarya.

Azra, U., & Huda, I. (2017). Analisis Pilihan Ganda Materi Sistem Pernapasan Untuk Penrapan Pembelajaran Menggunakan Media Audio Visual Pada Pesantren Moderen Kota Banda Aceh. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 428–433.

Basuki, I., & Hariyanto. (2016). Asesmen Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rodaskarya Offset.

Fitriatun, A., & Sukanti. (2016). Analisis Validitas, Reliabilitas dan Butir Soal Latihan Ujian Nasional Ekonomi Akuntansi di MAN Maguwaharjo. Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(3), 1–11.

Hanifah, N. (2014). Perbandingan Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda Butir Soal dan Reliabilitas Tes Bentuk Pilihan Ganda Biasa dan Pilihan Ganda Asosiasi Mata Pelajaran Ekonomi. SOSIO E-KONS, 6(1), 41–55. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v6i1.1715

Iskandar, A., & Rizal, M. (2017). Analisis kualitas soal di perguruan tinggi berbasis aplikasi TAP. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 12–23. https://doi.org/10.21831/pep.v22i1.15609

Khaerudin. (2015). Kualitas Instrumen Tes Hasil Belajar. Jurnal Madaniyah, 2(9), 212–235.

Kurniawan, T. (2015). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 4(1), 1–6. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee

Kusumawati, M., & Hadi, S. (2018). An analysis of Multiple Choice Questions (MCQs): Item and Test Statistics From Mathematics Assessments in Senior High School. Research and Evaluation in Education, 4(1), 70–78. https://doi.org/10.21831/reid.v4i1.20202

Nasir, M. (2015). Analisis Empirik Program Analisis Butir Soal Dalam Rangka Menghasilkan Soal yang Baik dan Bermutu Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Fisika. Prosiding Semirata, 336–347.

Rahmasari, D., & Ismiyati. (2016). Analisis Butir Soal Mata Pelajaran Pengantar Administrasi perkantoran. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 317–330.

Septiana, N. (2016). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester (Uas) Biologi Tahun Pelajaran 2015/2016 Kelas X Dan Xi Pada Man Sampit. Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 4(2), 115–121.

Solichin, M. (2017). Analisis Daya Beda Soal, Taraf Kesukaran, Validitas Butir Tes, Interpretasi Hasil Tes dan Validitas Ramalan dalam Evaluasi Pendidikan. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 2(2), 192–213.

Suryani, Y. E. (2017). Pemetaan Kualitas Empirik Soal Ujian Akhir Semester Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA di Kabupaten Klaten. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 142–152.

Susanto, H., Rinaldi, A., & Novalia. (2015). Analisis Validitas Reabilitas Tingkat Kesukaran dan Daya Beda pada Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 203–216.

Wibawa, E. A. (2019). Karakteristik Butir Soal Tes Ujian Akhir Semester Hukum Bisnis. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia, 17(1), 87–96.

Yusrizal. (2016). Analysis of Difficulty Level of Physics National Examination’s Questions. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(1), 140–149. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i1.5803

Yusuf, A. M. (2015). Assesmen dan Evaluasi Pendidikan (pertama). Jakarta: Prenadamedia Group.

Zein, A., Fadillah, M., & Novianti, R. (2013). Hubungan Antara Validitas Butir , Reliabilitas , Tingkat Kesukaran Dan Daya Pembeda Soal Ujian Semester Genap Bidang Studi Biologi Kelas Xi Sma / Ma Negeri Di Kota Padang Tahun Pelajaran 2010 / 2011 *. Semirata 2013 FMIPA Unila, (2009), 39–47.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v4i3.8682

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.