Analisis Hubungan Kemampuan Metakognisi dengan Kemampuan Pemecahana Masalah pada saat Pandemi Covid 19

M. Aldiono, Laila Khamsatul Muharrami, Irsad Rosidi, Mochammad Ahied

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah pada saat pandemi Covid 19. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasi Product Moment. Penelitian ini dilakukan di Desa Tamberu Barat dengan jumlah sampel 8 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan angket MAI (Metacognitive Awarenes Inventory) untuk kemampuan metakognisi dan soal tes pemecahan masalah untuk kemampuan pemecahan masalah. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi pearson. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan signifikansi sebesar 0,033 kurang dari 0,05, nilai rhitung sebesar 0,534 lebih dari ttabel  = 0,3494 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima sehingga terdapat hubungan antara kemampuan metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah pada saat pandemic Covid 19

Keywords


Metakognisi, Pemecahan Masalah, Covid-19

References


Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid 19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial dan Budaya Syar-I, 7(5), 395-402.

Amin, I., & Sukestiyarno, Y. L. (2015). Analysis Metacognitive Skills on Learning Mathematics in High School. International Journal of Education and Research, 3(3), 213–222. http://www.ijern.com/journal/2015/March-2015/18.pdf

Dami, Z. A., & Parikaes, P. (2018). Regulasi Diri dalam Belajar Sebagai Konsekuen. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 82–95.

Dewiyani, M. J., Budayasa, I. K., & Juniati, D. (2017). Pemecahan Masalah Matematika, Tipe Kepribadian, Sensing, Proses Berpikir. Cakrawala Pendidikan, 36(2), 299–308.

Dinni, H. N. (2018). HOTS ( High Order Thinking Skills ) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, 1(2), 170–176.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid 19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Ijirana, & Supriadi. (2018). Metacognitive Skill Profiles of Chemistry Education Students in Solving Problem at Low Ability Level. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 239–245. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.14266

Pratiwi, E. W. (2020). Dampak Covid 19 terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen di Indobesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1-8.

Pujiank, S., Jamaluddin, & Hadiprayitno, G. (2016). Kemampuan Metakognisi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(10), 2016–2022.

Purwanto, A., Pranomo, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayati, L. M., Hyun, C. C., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid 19 terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal Of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 dalam Pembelajaran KIMIA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239–2253.

Rubini, B., Permanasari, A., & Yuningsih, W. (2018). Learning Multimedia Based on Science Literacy on the Lightning Theme. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 4(2), 89. https://doi.org/10.30870/jppi.v4i2.3926

Sakdiah, S., Mursal, M., & Syukri, M. (2018). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kps Pada Materi Listrik Dinamis Siswa SMP. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(1), 41–49. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i1.10727

Samo, D. D. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa Tahun Pertama dalam Memecahkan Masalah Geometri Konteks Budaya. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 141. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.13470

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung :Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sukardi. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakarya. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Team SOS. (2011). Pemanasan Global Solusi dan Peluang Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama.

Utaminingsih, R., Rahayu, A., & Andini, D. W. (2018). Pengembangan RPP IPA Sekolah Dasar Berbasis Problem-Based Learning untuk Siswa Learning Disabilities. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 191–202.

Zulkarnain. (2015). Pendidikan Kognitif Berbasis Karakter. Tasamuh, 12(2), 189–203.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v4i3.8627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.