KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN TEORI POLYA PADA SISWA KELAS VIII SMP DITINJAU DARI GENDER
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anwar, S. (2013). Penggunaan Langkah Pemecahan Masalah Polya dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Perbandingan di Kelas VI MI Al-Ibrohimy Galis Bangkalan. Jurnal Pendidikan Matematika E-Pensa, 1(1), 1–6.
Arsanty, V. N., & Wiyatmo, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Pembelajaran STS dalam Peningkatan Penguasaan Materi dan Pencapaian Kreativitas Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 23–32.
Azwar, S. (2016). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar. Supremum Journal of Mathematics Education, 2(2), 77–83.
Brijlall, D. (2015). Exploring The Stages of Polya’s Problem-solving Model during Collaborative Learning : A Case of Fractions. International Journal of Education Science, 11(3), 291–299. https://doi.org/10.1080/09751122.2015.11890401
Cahyono, B. (2017). Analisis Keterampilan Berfikir Kritis dalam Memecahkan Masalah Ditinjau Perbedaan Gender. Aksioma, 8(1),
–64.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. USA: SAGE Publications.
Dilla, S. C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2018). Faktor Gender dan Resiliensi dalam Pncapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. Journal of Medives, 2(1), 129–136.
Ding, L., Wei, X., & Liu, X. (2016). Variations in University Students’ Scientific Reasoning Skills Across Majors, Years and Types of Institutions. Research Science Education, 1–20. https://doi.org/10.1007/s11165-015-9473-y
Fitria, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 786–792.
Gunada, I. W., & Roswiani, Y. (2019). Analisis Tingkat Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Fluida Statis Melalui Model Pembelajaran Problem Solving. Jurnal Pijar MIPA, 14(1), 29–33. https://doi.org/10.29303/jpm.v14.i1.989
Hodiyanto, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Gender. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 219–228.
Indrawati, N., & Tasni, N. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Tingkat Kompleksitas Masalah dan Perbedaan Gender. Jurnal Saintifik, 2(1), 16–25.
Lubis, J. N., Panjaitan, A., Surya, E., & Syahputra, E. (2017). Analysis Mathematical Problem Solving Skills of Student of the Grade VIII-2 Junior High School Bilah Hulu Labuhan Batu. International Journal of Novel Research in Education and Learning, 4(2), 131–137.
Rahmawati, D., Sajidan, & Ashadi. (2018). Analysis of problem solving skill in learning biology at senior high school of Surakarta. International Conference on Science Education, 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1006/1/012014
Sanjaya, W. (2015). Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiantara, I. P. E., Arini, N. W., & Tastra, I. D. K. (2014). Pengaruh Strategi Pemecahan Masalah Berbasis Teori Polya terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Unoversitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10.
Utaminingsih, A. (2017). Gender dan Wanita Karir. Malang: UB Press.
Yuliana, W., & Winarso, W. (2019). Penilaian Self Efficacy dan Kemampuan Pemecahan Masalah MAtematika Berdasarkan Perspektif Gender. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 7(1), 41–60.
Zulfah. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Pendekatan Heuristik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs. Negeri Naumbai Kecamatan Kampar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1–12.
DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v4i1.8489
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.