KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN TEORI POLYA PADA SISWA KELAS VIII SMP DITINJAU DARI GENDER

Nuriyatul Isnaini, Mochammad Ahied, Nur Qomaria, Fatimatul Munawaroh

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kemampuan pemecahan pemecahan masalah siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Klampis berdasarkan teori Polya ditinjau dari gender. Jenis penelitian ini yaitu mixed methods dengan menggunakan explanatory sequential mixed methods design. Subjek penelitiannya yaitu 21 siswa kelas VIII-A dengan sampel wawancara 3 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa laki-laki lebih baik daripada siswa perempuan dan secara keseluruhan, siswa laki-laki dan siswa perempuan belum memenuhi semua indikator Polya dikarenakan siswa sering melupakan indikator memeriksa kembali.

References


Anwar, S. (2013). Penggunaan Langkah Pemecahan Masalah Polya dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Perbandingan di Kelas VI MI Al-Ibrohimy Galis Bangkalan. Jurnal Pendidikan Matematika E-Pensa, 1(1), 1–6.

Arsanty, V. N., & Wiyatmo, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Pembelajaran STS dalam Peningkatan Penguasaan Materi dan Pencapaian Kreativitas Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 23–32.

Azwar, S. (2016). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar. Supremum Journal of Mathematics Education, 2(2), 77–83.

Brijlall, D. (2015). Exploring The Stages of Polya’s Problem-solving Model during Collaborative Learning : A Case of Fractions. International Journal of Education Science, 11(3), 291–299. https://doi.org/10.1080/09751122.2015.11890401

Cahyono, B. (2017). Analisis Keterampilan Berfikir Kritis dalam Memecahkan Masalah Ditinjau Perbedaan Gender. Aksioma, 8(1),

–64.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. USA: SAGE Publications.

Dilla, S. C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2018). Faktor Gender dan Resiliensi dalam Pncapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. Journal of Medives, 2(1), 129–136.

Ding, L., Wei, X., & Liu, X. (2016). Variations in University Students’ Scientific Reasoning Skills Across Majors, Years and Types of Institutions. Research Science Education, 1–20. https://doi.org/10.1007/s11165-015-9473-y

Fitria, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 786–792.

Gunada, I. W., & Roswiani, Y. (2019). Analisis Tingkat Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Fluida Statis Melalui Model Pembelajaran Problem Solving. Jurnal Pijar MIPA, 14(1), 29–33. https://doi.org/10.29303/jpm.v14.i1.989

Hodiyanto, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Gender. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 219–228.

Indrawati, N., & Tasni, N. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Tingkat Kompleksitas Masalah dan Perbedaan Gender. Jurnal Saintifik, 2(1), 16–25.

Lubis, J. N., Panjaitan, A., Surya, E., & Syahputra, E. (2017). Analysis Mathematical Problem Solving Skills of Student of the Grade VIII-2 Junior High School Bilah Hulu Labuhan Batu. International Journal of Novel Research in Education and Learning, 4(2), 131–137.

Rahmawati, D., Sajidan, & Ashadi. (2018). Analysis of problem solving skill in learning biology at senior high school of Surakarta. International Conference on Science Education, 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1006/1/012014

Sanjaya, W. (2015). Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiantara, I. P. E., Arini, N. W., & Tastra, I. D. K. (2014). Pengaruh Strategi Pemecahan Masalah Berbasis Teori Polya terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Unoversitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10.

Utaminingsih, A. (2017). Gender dan Wanita Karir. Malang: UB Press.

Yuliana, W., & Winarso, W. (2019). Penilaian Self Efficacy dan Kemampuan Pemecahan Masalah MAtematika Berdasarkan Perspektif Gender. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 7(1), 41–60.

Zulfah. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Pendekatan Heuristik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs. Negeri Naumbai Kecamatan Kampar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1–12.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v4i1.8489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.